Lazada 99

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Tomat

Budidaya tanaman tomat sama halnya dengan membudidayakan tanaman pangan sayur lainnya, membutuhkan langkah perawatan, pengendalian hama dan pemupukan yang tepat. Pemberian pupuk secara rutin akan menunjang pertumbuhan tanaman tomat agar bisa tumbuh subur dan menghasilkan produksi buah yang maksimal. Salah satu pupuk yang tepat untuk menanam tomat adalah pupuk organik herbafarm produksi PT Sidomuncul Pupuk Nusantara. Pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman tomat dilakukan secara bertahap mulai dari awal budidaya sampai panen dan pasca panen untuk pembuahan berikutnya.

Pupuk Herbafarm Untuk Tomat

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Untuk Tomat

Penggunaan pupuk herbafarm untuk tanaman tomat dimulai dari masa persiapan benih, persiapan media semai, perawatan penyemaian, perawatan pasca pindah tanam dan setelah panen. Berikut ini ulasan selengkapnya.

  • Persiapan Benih Tomat

Benih tomat bisa didapatkan dari hasil panen tomat dari penanaman sebelumnya atau membeli benih tomat dari toko pertanian atau marketplace. Selanjutnya setelah mendapatkan benih tomat berkualitas maka langkah selanjutnya adalah memberikan perlakuan untuk persiapan penyemaian. Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah perendaman benih bisa berupa baskom atau ember.
  2. Isi wadah dengan air 5 liter atau disesuaikan dengan banyaknya benih yang akan disemakian.
  3. Tambahkan 10 ml (10 tutup botol) pupuk herbafarm cair ke dalam wadah tersebut.
  4. Aduk selama 2 menit sampai homogen.
  5. Masukkan benih yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam larutan tersebut.
  6. Diamkan selama 3 jam lalu angkat dan keringkan.
  7. Benih siap disemaikan.
Pemberian pupuk organik cair herbafarm pada proses perendaman benih dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tular bibit dan mempercepat proses perkecambahan benih.

  • Persiapan Media Semai 

Pemakaian pupuk herbafarm pada budidaya tanaman tomat berikutnya adalah pada saat persiapan media semai. Media semai sangat penting untuk dipersiapkan dengan baik agar benih tomat yang disemaikan dapat tumbuh dengan baik. Berikut ini proses persiapan media semai menggunakan pupuk herbafarm cair dan pupuk herbafarm granul.

  1. Taburkan secara merata pupuk herbafarm granul sebanyak 150 Gram untuk media semai seluas 10 meter persegi. Jumlah bisa disesuaikan dengan luas media penyemaian.
  2. Semprot dengan pupuk herbafarm cair dengan dosis 3 ml untuk tangki 14 liter air.
  3. Diamkan selama satu minggu sebelum menaburkan benih.
Penggunaan pupuk herbafarm pada media semai bertujuan untuk mempersiapkan nutrisi untuk pertumbuhan bibit dan menjadi terjadinya penyakit tular tanah.
  • Perawatan Bibit

Pada proses perawatan bibit tomat di media semai dilakukan pemupukan setiap minggu dengan menyemprotkan larutan pupuk herbafarm cair. Dosis yang digunakan adalah 30 ml untuk tangki 14 liter air. Penyemprotan dilakukan pada pagi atau sore hari.

  • Persiapan Media Tanam

Sebelum melakukan pemindahan bibit dari penyemaian ke lahan penanaman terlebih dahulu dilakukan persiapan lahan. Tahap persiapan lahan dilakukan dengan menaburkan pupuk herbafarm granul secara merata pada bedengan yang sudah disiapkan. Jumlah pupuk yang dibutuhkan adalah 15 Kilogram untuk lahan seluas 1 hektar. Setelah pemupukan media tanam disiram secara merata sampai tanah terlihat basah dan lembab. Media tanam didiamkan selama 1 minggu baru dilakukan penanaman bibit tomat.

  • Perawatan Tanaman

Aplikasi pupuk herbafarm berikutnya dilakukan setelah proses penanaman. Pemupukan tanaman dilakukan secara berkala menggunakan pupuk herbafarm cair. Adapun jadwal, cara pemupukan dan dosis yang digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Usia 7 hari setelah tanaman semprot dengan dosis 3 tutup botol ditambahkan dengan 14 liter air untuk lahan seluas 500 Meter.
  2. Usia 14 hari setelah tanam semprot dengan dosis 3 tutup botol ditambahkan dengan 14 liter air untuk lahan seluas 500 Meter.
  3. Usia 21 hari setelah tanam semprot dengan dosis 4 tutup botol ditambahkan dengan 14 liter air untuk lahan seluas 500 Meter
  4. Usia 28 hari setelah tanam semprot dengan dosis 4 tutup botol ditambahkan dengan 14 liter air untuk lahan seluas 500 Meter.
  5. Usia 42 hari setelah tanam semprot dengan dosis 4 tutup botol ditambahkan dengan 14 liter air untuk lahan seluas 500 Meter.
  6. Usia 56 hari setelah tanam semprot dengan dosis 4 tutup botol ditambahkan dengan 14 liter air untuk lahan seluas 500 Meter.

Catatan:

  1. Penyemprotan dilakukan sampai tanaman tomat mulai berbunga. Setelah tanaman berbunga hentikan pemupukan dan baru melakukan pemupukan kembali setelah bunga telah berubah menjadi buah.
  2. Semprot bagian tanaman tomat mulai dari daun, batang sampai tanah area pengakaran.
  3. Pastikan tangki semprot yang digunakan tidak pernah dipakai untuk penyemprotan pestisida kimia.
  4. Jika tangki semprot pernah digunakan untuk pestisida kimia cuci bersih terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum dipakai penyemprotan pupuk herbafarm.

  • Pasca Panen

Pemupukan setelah proses panen dilakukan setelah 7 hari. Dosis yang digunakan adalah 4 tutup botol ditambahkan dengan 14 liter air. Pemupukan dilakukan setiap 2 minggu sampai tomat mulai berbungan kembali.

Baca juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Cabe.

Demikian pembahasan tentang cara pemakaian pupuk organik herbafarm untuk tanaman tomat. Semoga tips pertanian ini bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama