Lazada 99

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Padi

Padi merupakan salah satu jenis tanaman pangan sayur di budidayakan pada lahan sawah. Untuk dapat tumbuh subur dan menghasilkan produksi yang maksimal tanaman padi membutuhkan nutrisi yang cukup, perawatan yang baik serta pengendalian hama dan penyakit yang tepat. Untuk kebutuhan nutrisi perlu dilakukan pemupukan secara berkala. Salah satu pupuk yang bisa digunakan untuk budidaya padi adalah pupuk organik herbafarm. Cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman padi bisa anda lihat pada pembahasan berikut ini.

Pupuk Herbafarm Untuk Padi

Cara Pemupukan Tanaman Pada Menggunakan Herbafarm

Pemupukan tanaman padi menggunakan pupuk herbafarm dilakukan secara berkala sesuai dengan tahapan budidaya. Setiap fase penanaman membutuhkan nutrisi untuk tumbuh atau menghasilkan produksi. Oleh karena itu sangat penting untuk mengatur pemakaian pupuk agar sesuai dengan kebutuhan atau tahapan pertumbuhan tanaman padi.

Tahap Persiapan Bibit

Setelah mendapatkan benih padi dari varietas unggul maka langkah selanjutnya adalah melakukan perendaman bibit. Bibit padi direndam menggunakan larutan pupuk herbafarm cair dengan cara berikut:

  1. Buat larutan pupuk herbafarm cair dengan cara mencampurkan 10 ml (10 tutup botol) dengan 5 liter air.
  2. Aduk larutan selama 2 menit atau sampai homogen.
  3. Selanjutnya masukkan benih ke dalam larutan tersebut dan rendam selama 5 jam.
  4. Banyaknya larutan disesuaikan dengan jumlah benih padi yang akan disemaikan.
Perendaman benih padi pada larutan herbafarm bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan bibit padi dan mencegah penyakit tular bibit.

Setelah proses perendaman benih siap untuk disemaikan. Pastikan lahan semai sudah disiapkan terlebih dahulu. Adapun langkah persiapan lahan semai untuk pembibitan padi adalah sebagai berikut:

  1. Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul sedalam 20-40 cm.
  2. Buat bedengan untuk tempat penyemaian.
  3. Taburkan secara merata pupuk herbafarm granul di atas bedengan yang sudah dibuat.
  4. Diamkan selama 1 minggu dan lahan semai siap digunakan. 

Proses Pengolahan Lahan

Pemakaian pupuk herbafarm selanjutnya dilakukan pada saat persiapan lahan tanam. Pengolahan lahan dilakukan dengan membajak baik secara manual maupun menggunakan traktor. Lahan yang sudah dibajak kemudian ditaburi dengan pupuk herbafarm granul. Jumlah pupuk yang digunakan adalah 15 kilogram untuk lahan seluas 1 hektar. Diamkan lahan selama 1 minggu sebelum melakukan penanaman bibit.

Pemakaian pupuk herbafarm granul bertujuan untuk mempersiapkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman padi. Selain itu juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit tular tanah.

Masa Perawatan Tanaman

Cara pemakaian pupuk herbafarm untuk perawatan tanaman padi setelah tanam dilakukan secara berkala. Jenis pupuk yang digunakan adalah herbafarm cair dengan teknik penyemprotan. Dosis yang digunakan adalah 3 tutup botol untuk tangki 14 liter air. Waktu aplikasi dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00. Durasi atau interval pemupukan adalah sebagai berikut:

  • Pemupukan tahap pertama dilakukan saat tanaman berusia  7 hari setelah tanam
  • Pemupukan tahap kedua dilakukan saat tanaman berusia 14 hari setelah tanam
  • Pemupukan tahap ketiga dilakukan saat tanaman berusia 21 hari setelah tanam
  • Pemupukan tahap ketiga dilakukan saat tanaman berusia 28 hari setelah tanam
  • Pemupukan tahap keempat dilakukan saat tanaman berusia 42 hari setelah tanam
  • Pemupukan tahap kelima dilakukan saat tanaman berusia 56 hari setelah tanam

Jadi pada bulan pertama pemupukan menggunakan herbafarm cair setiap minggu selanjutnya pada bulan kedua aplikasi dilakukan setiap 2 minggu. Pemupukan bisa juga disesuaikan dengan kebiasaan waktu pemupukan yang biasa dilakukan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama