Lazada 99

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Karet

Karet merupakan salah satu tanaman perkebunan yang memiliki keunikan tersendiri. Jika tanaman lainnya yang dipanen adalah buahnya maka karet yang dipanen adalah getahnya. Getah disadap dari batang pohonnya. Semakin subur pohon karet maka kemungkinan getahnya pun akan semakin banyak. Oleh karena itu perlu dilakukan pemupukan secara berkala agar pohon karet tumbuh subur dan menghasilkan getah yang banyak. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk bio organik herbafarm. Silahkan simak cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman karet berikut ini.

Pupuk Herbafarm Untuk Karet

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Untuk Karet

Untuk mendapatkan hasil maksimal pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman karet sebaiknya dilakukan pada awal budidaya. Selain itu sebaiknya kombinasikan antara penggunaan pupuk herbafarm granul dengan pupuk herbafarm cair. Adapun langkah pemakaiannya adalah sebagai berikut.

  • Proses Pembibitan

Sebelum melakukan penanaman pada lahan budidaya terlebih dahulu dilakukan pembibitan tanaman karet. Proses ini sangat penting untuk mempersiapkan pohon karet yang siap tumbuh pada lahan perkebunan. Pada proses pembibitan ini perlu dilakukan pemupukan agar bibit bisa tumbuh maksimal.

Pada saat pembibitan, pemupukan dilakukan dengan menggunakan herbafarm cair. Dosis yang digunakan adalah 10 ml (10 tutup botol) lalu dicampurkan dengan 5 liter air. Larutan herbafarm tersebut digunakan untuk menyemprot bibit untuk 20 pohon (Polybag).

  • Persiapan Lubang Tanam

Penggunaan pupuk herbafarm berikutnya dilakukan pada saat persiapan lubang tanam. Pupuk yang digunakan adalah herbafarm granul. Pupuk herbafarm granul dimasukkan ke dalam lubang tanam sebanyak 2 sendok makan. Apabila kondisi tanah kering segera lakukan penyiraman setelah aplikasikan pupuk herbafarm granul.

  • Perawatan Tanaman

Setelah proses penanaman selesai maka pemupukan dilakukan pada masa perawatan tanaman karet. Pumupukan dilakukan secara berkala untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh subur.

Pemupukan menggunakan herbafarm granul sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau 2 kali setahun. Penggunaan herbafarm granul untuk tanaman karet dilakukan pada awal dan akhir musim hujan dengan dosis 30- 50 Kilogram per hektar dengan cara membuat lubang melingkar disekitar pohon dengan jarak sebagai berikut:

  1. Usia tanaman 0-3 tahun, jarak lubang 0,5 meter dengan lebar 20cm.
  2. Usia tanaman 3-5 tahun, jarak lubang 1 meter dengan lebar 25 cm.
  3. Usia tanaman 5 tahun ke atas, jarak lubang 1,5 meter dengan lebar 30 cm.

Pemupukan dilakukan dengan menaburkan pupuk herbafarm granul secara merata pada lubang yang sudah dibuat.

Penggunaan pupuk herbafarm cair dengan cara menyiramkan larutan pupuk herbafarm ke area pengakaran tanaman karet. Dosis dan interval pemupukan disesuaikan dengan usia tanaman karet. Adapun cara pemupukannya adalah sebagai berikut:

  1. Usia tanaman karet kurang dari 1 tahun, dosis yang digunakan adalah 30 ml (3 tutup botol) dicampurkan dengan 10 liter air untuk 10 pohon. Pemupukan dilakukan pada 1, 2, 3, dan 6 bulan setelah tanam. Selanjutnya pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali. Aplikasi dilakukan dengan menyiramkan larutan herbafarm cair disekitar area pengakaran.
  2. Usia tanaman karet 1- 3 tahun, dosis yang digunakan adalah 50 ml dicampurkan dengan 10 liter air untuk 10 pohon. Aplikasi dilakukan setiap 3 bulan sekali. Penyiraman dilakukan paUda area sekitar pengakaran dengan jarak antara 50 cm dari pangkal pohon.
  3. Usia tanaman karet antara 3-5 tahun, dosis yang digunakan adalah 50 ml dicampurkan dengan 10 liter air untuk 10 pohon. Penyiraman dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan jarak 75cm dari pangkal pohon.
  4. Usia tanaman 5 tahun ke atas, dosis yang digunakan adalah 70 ml dicampurkan dengan 10 liter air untuk 5 pohon. Penyiraman dilakukan setiap 6 bulan sekali dengan jarak 1 meter dari pangkal pohon.

Teknik pemupukan lain yang bisa digunakan adalah teknik penyemprotan untuk tanaman yang masih muda atau berusia 3 tahun ke bawah. Selain itu bisa juga dilakukan dengan teknik injeksi untuk tanaman karet yang berusia 10 tahun ke atas.

Untuk teknik penyemprotan menggunakan dosis 60 ml untuk tangki berukuran 14 liter air. Penyemprotan dilakukan secara merata pada bagian bawah daun, batang, dan tanah sekitar area pengakaran. 1 tangki bisa digunakan untuk menyemprot sekitar 10-25 pohon tergantung besar kecilnya tanaman. Teknik injeksi dilakukan dengan membuat lubang injeksi menggunakan bor pada batang karet. Selanjutnya pupuk herbafarm cair dimasukkan pada lubang tersebut.

Baca juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Kopi.

Waktu Pemupukan

Pemupukan tanaman karet menggunakan pupuk organik herbafarm dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00. Apabila pemupukan dilakukan dengan menggunakan teknik penyemprotan pastikan tangki semprot bersih atau tidak pernah digunakan untuk aplikasi pestisida kimia. Pupuk herbafarm tidak boleh diaplikasikan bersamaan dengan pestisida kimia. Interval waktu pemakaian pupuk herbafarm dengan pestisida kimia adalah 5 -7 hari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama