Lazada 99

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang banyak diminati oleh petani. Meskipun terkadang harganya tidak stabil namun tanaman jangka panjang ini bisa dijadikan sebagai investasi yang cukup menjanjikan. Untuk menghasilkan produksi buah yang banyak dan tanaman bisa tumbuh subur tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup. Pemenuhan nutrisi bisa didapatkan dari pemberian pupuk secara berkala. Salah satu jenis pupuk yang cocok digunakan adalah Pupuk Herbafarm Produksi PT Sidomuncul Pupuk Nusantara. Untuk anda yang saat ini membudidayakan tanaman cengkeh atau berencana untuk menanamnya silahkan ikuti panduan penggunaan pupuk Herbafarm untuk tanaman cengkeh berikut ini.

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Untuk Budidaya Cengkeh

Pupuk Herbafarm Untuk Cengkeh

Budidaya tanaman cengkeh adalah proses panjang, mulai dari persiapan bibit sampai perawatan pasca tanam. Setiap tahapan membutuhkan perlakuan khusus yaitu pemberian pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Adapun tahapan-tapan penggunaan pupuk herbafarm untuk budidaya tanaman cengkeh adalah sebagai berikut.

Persiapan Benih Cengkeh

Aplikasi pupuk herbafarm untuk tanaman cengkeh pertama kali dilakukan pada saat persiapan benih. Benih atau biji cengkeh yang akan dijadikan bibit terlebih dahulu dilakukan perendaman dengan larutan pupuk herbafarm cair. Adapun cara perendamannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah yang bisa memuat air lebih dari 5 liter
  2. Masukkan 10 ml (1 tutup botol) herbafarm cair ke dalam wadah lalu tambahkan dengan 5 liter air. Kebutuhan air bisa disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan disemaikan.
  3. Rendam biji cengkeh yang akan dijadikan bibit selama 2 jam.
  4. Bibit cengkeh siap disemaikan.

Persiapan Media Semai

Penggunaan pupuk herbafarm berikutnya adalah pada saat persiapan media semai. Media semai yang digunakan adalah tanah gembur atau yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman cengkeh. Anda bisa menggunakan media semai dengan campuran antara tanah dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya masukkan media semai tersebut ke dalam polybag yang akan dijadikan wadah penyemaian. Selanjutnya tambahkan pupuk granul sebanyak 50 Gram untuk setiap polybag. Selanjutnya siram secara merata media semai tersebut sampai tanah terlihat basah. Diamkan selama satu minggu dan media semai siap digunakan.

Perawatan Bibit Cengkeh

Pada tahap perawatan bibit cengkeh pupuk herbafarm yang digunakan adalah herbafarm cair. Cara penggunaannya adalah dengan menyemprotkan secara merata pada media semai secara teratur. Penyemprotan dilakukan setiap minggu dengan dosis 30 ml untuk tangki 14 liter air. Pemupukan dilakukan pada pagi atau sore hari.

Persiapan Lubang Tanam

Pada tahapan persiapan lubang tanam gunakan pupuk herbafarm granul sebagai pupuk dasar. Masukkan herbafarm granul ke dalam lubang tanam sebanyak 100 Gram per lubang lalu tutup dengan tanah. Jika kondisi tanah kering setelah aplikasi granul segera siram sampai tanah terlihat basah. Diamkan selama dua minggu lalu bibit siap dipindahkan ke lubang tanam.

Perawatan Tanaman Cengkeh

Pada tahapan perawatan ini pemupukan dilakukan secara berkala. Penggunannya dibedakan menjadi dua berdasarkan usia tanaman. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk cair atau pupuk granul dan bisa juga kombinasi keduanya.

  • Pemakaian Herbafarm Cair Untuk Cengkeh Yang Belum Produksi

Untuk tanaman cengkeh yang baru tanam atau belum pernah berbuah cara aplikasinya adalah dengan teknik penyemprotan. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan dosis 3 tutup botol (30ml) untuk 1 tangki 14 liter air. Pada tahap awal penyemprotan dilakukan setiap 2 minggu sekali selama 3 bulan. Pemupukan pertama kali dilakukan pada saat tanaman cengkeh berusia 2 minggu setelah tanam. Setelah 3 bulan penyemprotan dapat dilakukan 1 bulan sekali, 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali dengan menyesuaikan kondisi pertumbuhan tanaman cengkeh.

Penyemprotan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00. Bagian yang disemprot adalah area sekitar pengakaran dengan radius 1 meter, bagian batang dan daun bagian bawah.

  • Pemakaian Herbafarm Cair Untuk Cengkeh Yang Sudah Produksi

Tanaman cengkeh yang dibudidayakan dengan benar dan menggunakan bibit berkualitas unggul biasanya mulai produksi pada usia 3 tahun setelah tanam. Cara pemupukan yang digunakan adalah dengan teknik kocor langsung ke area pengakaran tanaman. Tuangkan 20-40 ml herbafarm cair pada area pengakaran dengan jarak sekitar 1 meter dari pohon atau sejajar bagian terluar daun. Pemukan bisa dilakukan pada 2-4 titik untuk 1 kali pemupukan.

Jika aplikasi pupuk herbafarm pertama kali dilakukan setelah tanaman berbuah maka gunakan setiap 2 minggu sekali selama 3 bulan pertama. Selanjutnya pemupukan bisa dilakukan 1 kali sebulan, 1 kali 2 bulan, atau 1 kali 3 bulan.

Pemupukan juga dapat dilakukan dengan mencapurkan air 1-5 liter untuk 10ml pupuk herbafarm. Larutan herbafarm disiramkan ke area sekitar pengkaran. Pilihan ini dilakukan jika kondisi tanah terlalu kering dan mudah mendapatkan air di sekitar lokasi budidaya.

  • Pemakaian Pupuk Herbafarm Granul 

Selain digunakan sebagai pupuk dasar, herbafarm granul juga dapat diaplikasikan untuk pupuk lanjutan atau perawatan tanaman cengkeh. Cara aplikasinya adalah dengan menebarkan/ membenamkan pupuk granul disekitar tanaman dengan dosis 4-8 sendok makan perpohon disesuaikan dengan besar kecilnya tanaman. Herbafarm granul diaplikasikan 2 kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan akhir musim hujan.

Aplikasi herbafaram granul dapat dilakukan secara langsung atau difermentasi dengan herbafarm cair terlebih dahulu selama 12 jam.

Baca juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Durian.

Selain mengaplikasikan secara tunggal, pupuk herbafarm juga dapat dikombinasikan antara pupuk herbafarm cair dan granul. Herbafarm granul diaplikasikan 2 kali setahun sementara pupuk cair diaplikasikan setiap 3 bulan sekali atau 4 kali setahun.

Demikianlah cara pemakaian pupuk Herbafarm untuk tanaman cengkeh. semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama