Lazada 99

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Cabe

Cabe atau cabai merupakan salah satu jenis tanaman pangan sayur yang dapat menghasilkan produksi buah beberapa kali dalam sekali tanam. Artinya tanaman ini bisa dipanen berkali-kali terutama jika perawatan dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pemupukan yang tepat dari segi waktu, cara dan dosis yang digunakan. Untuk pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman cabe silahkan ikuti petunjuknya berikut ini.

Pupuk Herbafarm Untuk Cabe

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Untuk Cabe

Pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman cabe sebaiknya digunakan dari awal proses budidaya. Pemakaian secara intensif akan menghasilkan tanaman yang tumbuh subur dan menghasilkan produksi yang maksimal secara kualitas dan kuantitas. Pastikan anda membudidayakan tanaman cabe yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.

Persiapan Benih Cabe

Benih cabe yang akan disemaikan terlebih dahulu direndam dengan menggunakan larutan pupuk organik cair herbafarm. Dosis yang digunakan adalah 10 ml (1 tutup botol) dicampurkan dengan 5 liter air. Jumlah air yang digunakan bisa disesuaikan dengan banyaknya benih cabe yang akan disemaikan. Sebelum dilakukan perendaman terlebih dahulu larutan tersebut diaduk selama 1-2 menit sampai homogen.

Rendam benih cabe selama 2 jam selanjutnya angkat lalu keringkan pada dengan cara meletakkan pada kain kering dan bersih. Simpan benih pada tempat yang terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung. Setelah kering maka benih siap disemaikan.

Perendaman benih cabe dengan larutan pupuk herbafarm bertujuan untuk mempercepat perkecambahan dan mencegah penyakit tular benih.

Persiapan Media Semai

Aplikasi pupuk herbafarm yang kedua adalah pada saat persiapan media semai. Media semai yang sudah dimasukkan ke dalam wadah penyemaian disemprot dengan menggunakan larutan herbafarm cair secara merata menggunakan sprayer. Selanjutnya media semai didiamkan selama satu minggu dan siap digunakan untuk menyemaikan bibit cabe.

Penggunaan pupuk herbafarm pada media semai dilakukan untuk mempersiapkan nutrisi yang dibutuhkan benih agar cepat tumbuh. Selain itu pupuk herbafarm juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tular tanah.

Perawatan Bibit Cabe

Cara penggunaan pupuk herbafarm selanjutnya adalah dengan menyemprotkan secara merata pada bibit cabe. Penyemprotan mulai dilakukan 7 hari setelah semai dan dilakukan setiap 1 minggu sekali. Dosis yang digunakan adalah 30 ml (3 tutup botol) untuk 1 tangki yang berisi 14 liter air.

Pengolahan Tanah

Herbafarm granul digunakan sebagai pupuk dasar pada saat pengolahan tanah. Setelah tanah digemburkan dan dibuat bedengan pupuk herbafarm granul ditaburkan secara merata pada bedengan tersebut. Untuk lahan seluas 1 hektar dibutuhkan 15 kilogram herbafarm granul. Apabila kondisi tanah kering setelah aplikasi pupuk granul segera siram secara merata sampai tanah terlihat lembab. Diamkan selama 1 minggu dan bibit siap dipindahkan ke lahan tanam.

Pemakaian pupuk herbafarm granul pada saat pengolahan tanah bertujuan untuk menyiapkan nutrisi bagi pertumbuhan tanaman cabe dan mencegah penyakit tular tanah.

Perawatan Tanaman Cabe

Pada tahap perawatan tanaman cabe pemupukan menggunakan herbafarm sebaiknya dilakukan secara intensif. Adapun cara pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  1. Dosis yang digunakan adalah 30ml (3 tutup botol) untuk 1 tangki berisi 14 liter air.
  2. Teknik pemupukan adalah dengan penyemprotan menggunakan sprayer.
  3. Durasi penyemprotan dilakukan pada saat tanaman berusia 7,14,21,28,42,dan 56 hari setelah tanam. Selanjutnya aplikasi dilakukan setelah panen setiap 2 minggu sekali.
  4. Penyemprotan dilakukan pada bagian bawah tanaman dan area pengakaran.
  5. Waktu penyemprotan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.
Baca juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Durian.
Untuk anda yang menanam cabe di pekarangan rumah atau jumlah tanaman tidak terlalu banyak, penyemprotan cukup menggunakan alat semprot berukuran kecil dengan dosis pupuk yang disesuaikan dengan jumlah air.

Itulah cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman cabe. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama