Lazada 99

6 Jenis Hama Pada Tanaman Bawang Merah

Tantangan paling berat dihadapi oleh petani bawang merah adalah adanya serangan hama dan penyakit yang bisa menyebabkan kematian tanaman dan gagal panen. Hama tanaman bawang sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak jenisnya jika dibandingkan dengan tanaman lain. Namun hama yang kebanyakan dari jeins ulat ini termasuk sangat rakus sehingga tingkat kerusakannya sangat parah. Oleh karena itu dibutuhkan langkah pengendalian hama pada tanaman bawang yang tepat dan efektif.

Hama Bawang Merah

Jenis Hama Utama Bawang Merah

Untuk bisa melakukan upaya pengendalian serangan hama pada tanaman bawang tentu saja harus dikenali terlebih dahulu jenis hamanya. Dengan memahami jenis hama dan gejala serangannya maka akan lebih mudah untuk menentukan langkah pengendalian yang tepat sasaran. Berikut ini jenis hama yang sering menyerang tanaman bawang merah.

  • Orong Orong

Hama tanaman bawang merah yang pertama adalah orong orong. Hama yang bersifat polifag ini menyerang bawang merah dari dalam tanah yaitu pada bagian akar. Hama ini biasanya aktif pada malam hari dan pada siang hari akan bersembunyi di dalam tanah. Akibat dari serangan hama ini daun bawang merah akan menjadi layu dan akhirnya mati karena perakaran sudah rusak sehingga tidak mampu menyerap nutrisi dari dalam tanah.

Pembahasan lengkap tentang hama Orong orong silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-orong-orong.html

  • Ulat Tanah

Ulat tanah juga merupakan jenis hama yang bersifat polifag. Hama ini pun aktif pada malam hari dan bersembunyi di dalam tanah pada siang hari. Ulat tanah menyerang tanaman bawang merah pada pangkal batang sehingga dan juga bagian daun. Bagian yang terserang akan terpotong sehingga menyebabkan kerusakan mulai dari melambatnya pertumbuhan sampai kematian tanaman.

Pembahasan lengkap tentang hama ulat tanah silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-tanah.html

  • Ulat Grayak

Ulat grayak merupakan salah satu hama utama pada tanaman bawang merah. Hama ini menyerang bagian daun baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Ulat grayak menyerang dengan cara membuat lubang pada daun lalu masuk ke dalam daun dan memakannya dari dalam. Serangan parah akan membuat seluruh bagian daun akan habis dimakan bahkan bisa sampai pada bagian umbi.

Pembahasan lengkap silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-grayak.html

  • Ulat Daun

Sama halnya dengan ulat grayak, ulat daun atau dikenal juga dengan istilah ulat bawang ini menyerang bagian daun tanaman bawang merah. Gejala serangan awal akan terlihat garis garis putih pada permukaan daun. Selanjutnya ulat ini akan memakan habis daun dari dalam sehingga daun akan kelihatan transfaran atau tembus pandang. 

Pembahasan lengkap tentang hama ulat daun bawang silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-bawang.html

  • Lalat Penggorok Daun

Hama tanaman yang menyerang bagian daun bawang merah berikutnya adalah lalat penggorok daun. Serangan hama ini dilakukan oleh larva yang menetas di dalam daun bawang merah. Gejala awal serangan bisa ditandai dengan adanya bercak putih yang merupakan lubang yang dibuat oleh lalat penggorok duan untuk meletakkan telur. Akibat dari serangan hama ini dapat menyebabkan kerusakan sampai 100% atau kematian tanaman.

Pembahasan tentang hama lalat penggorok daun silahkan kunjungi: (Link)

  • Thrips


Thrips juga merupakan salah jenis hama yang bersifat polifag. Hama ini bisa ditemukan pada tanaman selain bawang merah seperti Cabe, kentang, tomat, bayam dan lainnya. Thrips biasanya menyerang bagian daun muda dengan cara menghisap cairannya. Gejala awal serangan terlihat dengan adanya bercak keperakan yang akan berubah menjadi cokelat. Selanjutnya daun akan mengecil dan mengerut sampai akhirnya mati.

Pembahasan lengkap tentang hama Thrips silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-thrips.html

Demikian pembahasan tentang Jenis hama pada tanaman bawang merah. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama