Lazada 99

Cara Menanam Biji Alpukat Di Air Agar Cepat Tumbuh

Alpukat merupakan salah satu jenis tanaman buah yang dapat dibudidayakan secara generatif maupun vegetatif. Pembibitan menggunakan biji atau generatif biasanya dilakukan untuk penanaman pohon alpukat untuk kebutuhan konsumsi sendiri. Sedangkan perbanyakan secera vegetatif menggunakan stek biasanya untuk tujuan agrobisnis. Untuk anda yang ingin menanam alpukat di pekarangan rumah bisa mencoba perbanyakan bibit secara generatif. Pembibitan secara generatif dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan media tanah dan juga media air. Untuk anda yang tertarik untuk mencoba menanam biji alpukat di air silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menanam Biji Alpukat Di Air

Persiapan Alat Dan Bahan

Langkah pertama adalah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembibitan alpukat menggunakan media air. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Buah Alpukat

Bahan pertama yang harus disiapkan tentu saja adalah buah alpukat. Jumlah yang harus disiapkan disesuaikan dengan kebutuhan bibit yang akan ditanam nantinya. Buah alpukat yang dipilih adalah buah yang matang sempurna dari pohonnya. Buah diambil dari pohon alpukat dengan kualitas unggul. Pastikan buah atau biji alpukat tidak terserang hama dan penyakit.

  • Wadah Penyemaian

Wadah penyemaian yang digunakan adalah wadah kecil yang bisa digunakan untuk menaruh air sebagai media semai. Sebaiknya wadah benih seperti gelas plastik air mineral, gelas kaca, Stoples dan lain sebagainya. Pastikan diameter wadah yang digunakan lebih besar dari biji alpukat.

  • Alat Penyangga

Untuk menjaga biji alpukat tidak tenggelam dalam air nantinya dibutuhkan alat penyangga berukuran kecil. Alat penyangga yang bisa digunakan seperti lidi, tusuk gigi, atau apapun yang berbahan kayu atau bambu yang berukuran kecil dan sudah diruncingkan.

  • Air

Air tentu saja menjadi bahan yang tidak boleh dilupakan. Pastikan memilih air bersih, sebaiknya berasal dari air sumur (Bukan Air PDAM).

  • Pupuk Organik Cair Herbafarm

Pupuk organik cair herbafarm digunakan untuk mempercepat proses tumbuhnya tunas dan akar. Herbafarm juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit tular bibit.

Cara Menyemaikan Biji Alpukat Menggunakan Media Air

Biji Alpukat

Menyemaikan biji alpukat menggunakan media air pada dasarnya hampir sama dengan menggunakan media tanah. Tetapi tentu saja ada beberapa perbedaan yang sangat mendasar terutama pada penggunaan media semai dan perawatannya. Adapun langkah-langkah menanam biji alpukat di air adalah sebagai berikut:

  1. Belah buah alpukat dengan hati-hati agar tidak melukai bijinya.
  2. Keluarkan biji alpukat, cuci bersih menggunakan air lalu lap menggunakan tissue atau kain bersih.
  3. Kupas bagian kulit biji hingga bersih.
  4. Siapkan larutan pupuk herbafarm dengan dosis 10 ml dicampurkan dengan 1-5 liter air. Silahkan sesuaikan dengan jumlah bibit dan kebutuhan airnya.
  5. Tusuk biji alpukat menggunakan alat penyangga yang sudah disiapkan pada tiga sisinya. Pastikan menusuk pada bagian sepertiga dari biji dengan mengukur dari bagian tumpulnya.
  6. Letakkan biji yang sudah diberikan penyangga pada wadah yang sudah disiapkan.
  7. Masukkan larutan herbafarm pada wadah tersebut sampai 1/3 biji alpukat terendam. Simpan sisa larutan pada wadah tertutup.
  8. Simpan wadah semai pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Perawatan Media Semai

Menyemai Bibit Alpukat Menggunakan Media Air

Setelah melakukan semua langkah diatas bukan berarti proses penyemaian bibit alpukat menggunakan air sudah selesai. Sama halnya dengan menggunakan media tanah pembibitan menggunakan air juga membutuhkan perawatan. Adapun cara perawatannya adalah sebagai berikut:

  1. Ganti air (larutan herbafarm) pada wadah setiap 5 hari untuk mencegah tumbuhnya jamur yang bisa menjadi sumber penyakit.
  2. Jika dalam rentang waktu kurang dari 5 hari volume air dalam wadah mulai berkurang dan tidak menyenjut biji segera tambahkan dengan air ke dalamnya.
  3. Pantau perkembangan bibit setiap minggu, biasanya pada minggu ke 4 sudah mulai keluar akar dan tunas mulai tumbuh.
  4. Saat bibit berusia sekitar 50 hari bibit yang tumbuh dengan baik sudah bisa dipindahkan ke Polybag, Pot, atau lahan tanam yang menggunakan media tanah.

Setelah dipindahkan ke media tanam menggunakan tanah bibit dapat pula diberi perlakuan secara vegetatif yaitu Grafting, Okulasi dan sebagainya. Hal ini dilakukan jika anda ingin proses penananam alpukat berbuah dengan cepat.

Bibit Alpukat

Beli Di Lazada

Nah itulah cara menanam biji alpukat di air, semoga tips ini bermanfaat. Nantikan tips budidaya tanaman buah lainnya yah!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama