Lazada 99

12 Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman Holtikultura yang menjadi tanaman inang bagi berbagai macam hama. Oleh sebab itu budidaya tanaman tomat harus dilakukan dengan baik mulai dari tahap awal sampai panen. Serangan hama menyerangn seluruh bagian tanaman tergantung dari jenis hamanya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui jenis hama pada tanaman tomat agar bisa melakukan langkah pengendalian dengan tepat.

Hama Tanaman Tomat

Hama Pada Tanaman Tomat

Hama tomat bisa dibedakan berdasarkan jenis dan bagian tanaman yang diserang. Semua bagian tanaman mempunyai jenis hama yang menyerangnya. Oleh karena itu langkah untuk mengatasi hama tersebut pun bisa berbeda-beda pula.

Hama Yang Menyerang Akar Tomat

Penyebab melambatnya pertumbuhan dan kematian tanaman tomat bisa jadi karena bagian akar terganggu. Selain karena serangan penyakit penyebabnya juga bisa berasal dari adanya hama yang berada di dalam tanah dan menyerang bagian akar.

  • Uret

Uret merupakan larva dari kumbang dewasa berwarna cokelat yang biasa dikenal dengan nama ampal. Uret pada dasarnya menjadikan bahan organik di dalam tanah sebagai makanannya. Namun pada kondisi tertentu uret juga menyerang bagian akar tanaman tomat. Uret bisa terbawa bersama penggunaan pupuk kandang yang belum matang sempurna atau banyaknya sampah organik disekitar lahan pertanian.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

  • Orong Orong

Orong orong merupakan jenis serangga yang banyak ditemukan hidup di dalam tanah. Serangga ini dilengkapi dengan sepasang kaki yang bisa digunakan untuk menggali tanah atau berenang di air. Binatang ini merupakan karnivora yang menjadikan serangga kecil dan cacing sebagai makanannya. Namun serangga ini digolongkan sebagai hama karena juga memakan bagian akar tanaman seperti tomat dan holtikultura lainnya.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

  • Nematoda Akar

Nematoda bengkak akar pada tanaman tomat bisa berasal dari penggunaan pupuk kandang yang belum matang sempurna. Selain itu hama ini juga bisa jadi bawaan benih tanaman yang tidak melewati proses sterilisasi sebelum ditanam atau disemaikan. Serangan hama ini menyebabkan bagian akar tampak terdapat benjolan mirip jerawat. Akibatnya adalah pertumbuhan tanaman tidak normal atau kerdil.

Pembahasan Lengkap Tentang Nematoda Bengkak Akar Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

Hama Yang Menyerang Batang Tomat

Hama tanaman yang menyerang tomat cenderung lebih sedikit dibandingkan bagian yang lainnya. Hama utama pada batang tomat hanyalah ulat tanah. Sementara hama lain yang juga menyerang bagian batang biasanya lebih fokus pada daun atau buahnya.

  • Ulat Tanah

Ulat tanah merupakan hama penting bagi tanaman Holtikultura. Hama yang juga tergolong sebagai hama Polifag ini bersembunyi di dalam tanah dan aktif pada malam hari. Ulat tanah menyerang bagian btang tanaman tomat bahkan untuk tanaman yang masih muda bisa dimakan habis. Hama ini sangat berbahaya dan cenderung sulit dikendalikan karena habitatnya yang berada di dalam tanah.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

Hama Yang Menyerang Daun Tomat

Daun tomat merupakan bagian yang paling rentang terserang hama. Bagian daun ini diserang berbagai jenis hama baik yang menyerang seraca langsung maupun yang berperan sebagai vektor virus penyebab penyakit.

  • Kutu Daun

Kutu daun adalah jenis hama yang menyerang bagian daun tomat. Kutu ini menghisap zat klorofil daun sehingga menyebabkan melambatnya proses fotosintesis dan daun menjadi keriting. Selain menyerang tanaman secara langsung, hama ini juga menjadi vektor pembawa virus. Keberadaan kutu daun pada tanaman tomat bisa ditandai dengan banyaknya semut pada tanaman.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

  • Kutu Kebul

Kutu kebul juga menjadi hama yang menyebabkan daun tomat menjadi keriting. Kutu berwarna putih ini menempel pada bagian bawah daun. Hama ini sangat berbahaya karena menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi melambat.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

  • Thrips

Thrips menyerang bagian daun tomat dengan cara menghisap cairan pada permukaan daun. Akibat dari serangannya membuat daun berwarna keperakan, pada tingkatan parah daun akan menjadi kering dan mati. Serangan Thrips sering terjadi pada tanaman yang kekurangan air.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

  • Lalat Penggorok Daun

Lalat penggorok daun menyerang daun tomat dengan tusukan Ovipositor yang menyebabkan daun berbintik-bintik putih dan berupa liang kerokan yang berkelok-kelok. Pada serangan berat dapat mengakibatkan daun kering dan berwarna cokelat seperti terbakar.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

  • Ulat Grayak

Ulat grayak adalah jenis hama yang menyerang bagian daun dan buah tomat. Serangan biasanya dilakukan secara berkolompok pada malam hari sehingga menyebabkan kerusakan parah. Gejala serangan pada daun bisa ditandai dengan adanya bercak putih berlubang pada daun.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

  • Tungau

Tungau yang menyerang tanaman tomat adalah tungau bercak dua dan tungau merah. Hama ini membuat sarang dibalik permukaan daun. Selain menyerang daun tomat secara langsung tungau ini juga menularkan virus. Serangan hama ini paling sering ditemukan pada musim kemarau.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

Hama Yang Menyerang Buah Tomat

Serangan hama pada buah tomat menyebabkan gagal panen. Ada dua jenis hama yang menyerang bagian buah tomat yaitu ulat buah dan lalat buah.

  • Ulat Buah

Ulat buah merupakan hama utama tanaman tomat. Serangan hama ini dapat menyebabkan gagal panen. Selain menyerang buah, ulat ini juga menyerang bagian daun dan batang muda tomat. Gejala serangan pada buah tomat bisa ditandai dengan adanya lubang pada buah dan buat tomat menjadi busuk.

Pembahasan Lengkap Tentang Ulat Buah Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-buah.html

  • Lalat Buah


Selain lalat buah hama yang menyerang bagian buah pada tanaman tomat adalah lalat buah. Lalat buah menyuntikkan telur ke dalam buah tomat lalu telur tersebut akan menjadi larva di dalamnya. Larva tersebut yang akan memakan daging buah tomat sehingga buahnya menjadi busuk.

Pembahasan Lengkap Tentang Lalat Buah Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/lalat-buah.html.

Baca juga: 13 Jenis Hama Yang Menyerang Tanaman Cabe.

Demikianlah pembahasan tentang jenis hama yang menyerang tanaman tomat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama