Lazada 99

7 Jenis Hama Pada Tanaman Singkong

Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu jenis tanaman pangan sayur yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Umbi dari singkong merupakan bahan baku untuk pembuatan bahan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran. Maka tidak heran ketika potensi bisnis dari perkebunan singkong terbilang cukup tinggi. Namun adanya ancaman serangan hama pada tanaman singkong berpotensi menyebabkan kerugian atau kegagalan panen.

Hama Tanaman Singkong

Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Singkong

Hama tanaman singkong menjadi salah satu ancaman dalam proses budidaya. Meskipun hasil panen diambil dari dalam tanah (umbi) tetapi serangan pada daun dan batang juga berpengaruh pada pertumbuhan dan produksi. Selain hama yang menyerang langsung pada bagian umbi berpotensi menyebabkan kerugian karena kualitas hasil panen akan menurun.

  • Uret

Uret menyerang tanaman singkong pada bagian akar atau umbi. Serangan hama ini bisa menyebabkan kematian pada tanaman muda dan menurunnya kualitas umbi singkong. Akibat dari serangan hama ini berdampak pada pertumbuhan tanaman dan juga produksi yang dihasilkan.

Untuk pembahasan lengkap tentang hama uret silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-uret.html

  • Tungau Merah

Tungau merah adalah hama yang menyerang pada bagian daun singkong. Gejala serangan bisa ditandai dengan adanya bercak kuning pada permukaan daun. Akibat dari serangan hama tersebut menyebabkan proses fotosintesis menjadi terhambat sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Pembahasan lengkap tentang hama tungau merah silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/tungau-merah.html

  • Kutu Putih

Kutu putih biasanya dikenal juga dikenal dengan istilah kutu kebul. Hama ini menyerang tanaman pada bagian daun. Serangan hama ini pada musim kemarau dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah. Selain menyerang tanaman secara langsung hama ini juga menjadi vektor penyakit.

Silahkan baca pembahasan lengkap tentang hama kutu putih: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-kebul-pada-tanaman-dan-cara.html

  • Rayap

Rayap merupakan jenis hama yang menjadikan tanaman muda atau baru tanaman sebagai makanannya. Serangan rayap pada stek yang baru ditanaman bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan bahkan sampai kematian tanaman. Sementara pada tanaman yang sudah dewasa, rayap akan menyerang bagian akar dan masuk ke dalam batang sehingga batang tanaman ketelah pohon ini menjadi rapuh dan mudah patah.

  • Babi Hutan

Babi hutan memakan umbi singkong dan menghancurkan lahan pertanian sehingga baik singkong muda maupun yang sudah produksi bisa rusak. Serangan biasanya terjadi pada malam hari. Tingkat kerusakan tergantung dari banyaknya babi hutan yang menyerang lahan pertanian dan seberapa sering serangan terjadi. Hama ini sangat merugikan sehingga perlu dilakukan langkah pencegahan yang tepat.

  • Tikus

Sama halnya dengan babi hutan, tikus liar juga biasanya menyerang pada malam hari. Target serangannya adalah umbi tanaman. Akibat dari serangan hama ini menyebabkan kualitas panen menjadi menurun.

Demikian pembahasan tentang jenis hama yang menyerang tanaman singkong. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama