Lazada 99

9 Jenis Hama Pada Tanaman Padi

Padi merupakan salah satu tanaman budidaya yang banyak ditanam oleh petani di seluruh Wilayah Indonesia. Hal ini tentu saja karena padi nantinya yang akan dijadikan beras yang merupakan makanan utama. Budidaya tanaman padi membutuhkan perhatian serius mulai dari pemilihan bibit yang baik, pengolahan lahan yang tepat, perawatan dan pengendalian hama dan penyakit. Tanaman padi termasuk memiliki banyak jenis hama yang berpotensi menyerangnya. Serangan dapat terjadi mulai dari masa pembibitan sampai padi mulai berbulir.

Hama Tanaman Padi

Hama Pada Tanaman Padi

Hama tanaman padi merupakan salah satu kendala dalam proses budidaya. Serangan hama bisa menyerang semua bagian tanaman mulai dari akar, batang, daun dan bulir. Oleh karena itu proses budidaya harus dilakukan dengan baik termasuk perawatannya agar dapat melakukan langkah pengendalian hama dengan tetap. Beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman padi adalah sebagai berikut.
  • Tikus

Tikus merupakan salah satu jenis hama yang sangat meresahkan petani padi. Hama ini menyerang tanaman mulai dari masa pembibitan padi mulai berbulir. Hama tanaman padi ini aktif menyerang pada malam hari dan siang harinya bersembunyi di pemantang sawah, semak atau gulma disekitar lahan pertanian. Serangan hama ini sangat sulit dikendalikan karena perkembangannya terbilang sangat cepat.

  • Wereng

Hama wereng bisa menjadi penyebab gagal panen pada tanaman padi. Serangga ini menghisap cairan tanaman padi sehingga tanaman menjadi kering seperti terbakar. Akibat dari serangan hama ini menyebabkan pertumbuhan padi melambat dan tidak dapat memproduksi biji padi dengan maksimal. Beberapa jenis wereng yang menyerang tanaman padi adalah wereng hijau, wereng putih dan wereng cokelat.

  • Keong Mas

Keong mas mulai menyerang tanaman padi pada masa pembibitan. Serangan dilakukan dengan memarut jaringan tanaman dan memakannya. Akibat dari serangan hama ini bibit tanaman habis dimakannya.

  • Walang Sangit

Walang sangit menyerang tanaman padi yang sudah mulai berbulir. Serangan biasanya terjadi pada bulir padi yang sudah mulai masak susu. Hama walang sangit menghisap cairan yang ada pada bulir padi sehingga isinya menjadi hampa, berkerut dan rasanya menjadi tidak enak. Serangan hama tanaman padi ini jika terjadi dalam jumlah besar maka akan menyebabkan kegagalan panen.

  • Burung

Burung merupakan hama yang menyerang bulir padi secara langsung dengan cara memakannya. Kerusakan terjadi secara langsung sehingga bisa menurunkan jumlah hasil panen. Serangan burung biasanya terjadi secara bergerombol sehingga kerugian yang terjadi sangat besar.

  • Penggerek Batang Padi

Penggerek batang padi dikenal juga dengan nama sundep. Serangan terjadi pada fase larva yang yang menggerek bagian batang pada tanaman padi. Akibat dari serangan hama ini, pucuk tanaman akan mati. Gejala serangan bisa ditandai dengan matinya tunas tanaman padi dan banyaknya ngengat disekitar tanaman.

  • Kepik Hijau

Kepik hijau menyerang tanaman padi pada bagian batang dan buah (bulir). Hama ini menyerang tanaman padi dengan cara menghisap cairan pada batang atau bulir padi. Gejala serangan bisa ditandai dengan adanya bekas tusukan pada batang atau bercak pada bagian bulirnya. Akibat dari serangan kepik hijau menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan produksi buah menjadi berkurang.

  • Orong Orong

Orong orong merupakan hama pada tanaman padi yang menyrang bagian akar. Hama ini akan memakar akar padi yang masih muda. Serangan hama dapat terjadi pada area pembibitan maupun setelah pindah tanam. Serangan terjadi apabila kondisi lahan tanam kering.

Pembahasan selengkapnya tentang hama orong orong silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-orong-orong.html

  • Belalang

Belalang merupakan salah satu jenis hama yang tidak boleh diabaikan dalam proses budidaya tanaman padi. Sebagaimana diketahui bahwa hama belalang merupakan jenis hama polifag yang sangat banyak ditemukan di Indonesia. Hama ini menyebabkan penurunan produktivitas tanaman. Serangannya bisa terbilang parah karena dilakukan secara berkelompok dan kemampuannya berpindah tempat dengan sangat cepat.

Demikian pembahasan tentang hama tanaman padi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama