Lazada 99

7 Jenis Hama Yang Menyerang Tanaman Kopi Mulai Dari Akar Sampai Buah

Salah satu tantangan dalam budidaya tanaman kopi adalah potensi serangan hama yang terbilang cukup besar. Hal ini disebabkan banyaknya jenis hama yang bisa menyerang semua bagian tanaman. Serangan hama dapat menyebabkan melambatnya pertumbuhan tanaman, berkurangnya produksi buah, bahkan kegagalan panen.

Hama Tanaman Kopi

Hama Pada Tanaman Kopi

Hama tanaman kopi perlu perhatian khusus dalam proses budidaya. Jika hama sudah terlanjur menyerang tanaman kopi maka akan sulit melakukan langkah pengendalian. Serangan hama dapat menyebabkan melambatnya pertumbuhan tanaman dan produksi buah. Apabila serangan hama dalam jumlah yang besar maka dapat menyebabkan kegagalan panen atau kematian tanaman.

Hama Akar Kopi

Hama yang menyerang bagian akar kopi terbilang cukup berpengaruh pada pertumbuhan jika tidak dilakukan langkah pencegahan pada awal budidaya. Sebagaimana diketahui bahwa sumber nutrisi tanaman berasal dari dalam tanah dan diserap oleh akar. Jika bagian akar terganggu maka akan berpengaruh ke seluruh bagian tanaman.

  • Nematoda Akar

Nematoda akar menyerang bagian akar tanaman kopi. Hama ini menghisap sel-sel akar sehingga pembuluh jaringan menjadi terganggu. Akibat dari serangan hama ini proses penyerapan air dan unsur hara dari dalam tanah menjadi terganggu. Pertumbuhan tanaman menjadi melambat, bagian daun menguning dan mudha layu. Serangan hama ini juga biasanya dibarengi oleh penyakit seperti jamur akar putih, jamur akar cokelat dan antraknosa.

Hama Cabang dan Batang Kopi

Selain bagian akar, ranting atau cabang tanaman kopi juga sangat riskan terserang oleh hama. Serangan hama ini akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan proses produksi buah. Bagian cabang yang sudah terserang hama tidak akan optimal dalam menghasilkan buah.

  • Hama Bubuk Cabang

Hama bubuk cabang menyerang bagian cabang atau ranting kopi yang masih berukuran kecil dengan diameter sekitar 3cm. Hama ini juga menyerang bagian pucuk pada tanaman muda. Gejala serangan yang bisa dikenali dari serangan hama ini adalah daun berubah warna menjadi kuning, lalu rontok, dan pada bagian ranting akan menjadi kering.

  • Penggerek Cabang

Hama penggerek cabang menyerang bagian cabang atau ranting tanaman kopi. Berbeda dengan hama bubuk cabang hama ini lebih suka menyerang bagian yang sudah tua atau telah terkena penyakit namun pada kondisi tertentu hama ini juga menyerang ranting muda yang masih lunak. Hama ini lebih suka menyerang jenis kopi Robusta.

Hama Daun Kopi

Daun merupakan tempat proses fotosintesis berlangsung. Jika bagian ini terserang hama maka pertumbuhan tanaman akan melambat dan produksi buah menjadi terganggu. 

  • Kutu Putih

Hama kutu putih dikenal juga dengan istilah kutu kebul. Hama ini menyerang bagian daun tanaman. Kutu kebul mengeluarkan cairan madu yang sangat disukai semut akibatnya terbentuk cendawan hitam yang mengganggu proses fotosintesis. Pada beberapa jenis tanaman hama ini tidak hanya menyerang tanaman secara langsung tetapi juga menjadi vektor bagi virus kuning.

Pembahasan Selengkapnya tentang hama kutu putih silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-kebul-pada-tanaman-dan-cara.html

  • Kutu Hijau

Hama kutu hijau menyerang semua bagian tanaman yang berwarna hijau dan masih muda yaitu pada bagian daun, pucuk dan buah. Hampir sama dengan kutu putih hama ini juga mengeluarkan eksresi berupa cairan yang menutupi bagian tanaman. Akibat dari serangan hama ini pertumbuhan tunas melambat dan tanaman menjadi kerdil.

Hama Buah Kopi

Buah kopi merupakan bagian yang akan dipanen. Serangan hama pada buah kopi akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas buah yang dihasilkan.

  • Penggerek Buah Kopi

Penggerek buah kopi atau biasa dikenal dengan istilah PBKo merupakan hama utama tanaman kopi. Hama ini menyerang semua jenis kopi baik robusta, arabika, dan liberika. Serangan pertama dilakukan oleh kumbang betina pada saat buahnya masih lunak atau sekitar 8 minggu setelah pembungaan untuk mendapatkan makanan sementara. Selanjutnya akan menyerang buah kopi yang sudah mengeras untuk menjadi tempat perkembangbiakannya. Akibat dari serangan hama ini produksi kopi yang dihasilkan akan menurun secara kualitas dan kuantitas.

  • Kutu Dompolan

Kutu dompolan menyerang tanaman kopi pada bagian bunga, buah muda dan daun muda. Gejala serangan bisa ditandai dengan adanya kutu-kutu putih seperti kapas pada bagian yang sudah terserang. Bunga dan daun muda akan mengering dan gugur. Sementara pada buah muda akan terhambat perkembangannya, buah menjadi mengerut dan tidak matang sempurna. Hama ini menyebabkan produksi buah menjadi tidak maksimal, kualitas buah yang dihasilkan sangat kurang.

Baca juga: 14 Jenis Hama Pada Tanaman Kakao

Demikian pembahasan tentang jenis hama yang menyerang tanaman kopi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama