Lazada 99

12 Jenis Hama Pada Tanaman Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Buah atau biji dari kedelai merupakan bahan baku pembuatan tahu, tempe dan kecap. Selain itu kedelai masih bisa dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai jenis makanan dan minuman. Budidaya tanaman kedelai memiliki tantangan tersendiri terutama pada ancaman serangan hama dan penyakit.

Hama Tanaman Kedelai

Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Kedelai

Hama tanaman kedelai menyerang semua fase pertumbuhan tanaman mulai dari masa penanaman sampai menghasilkan buah. Jenis hama secara spesifik menyerang bagian tanaman kedelai seperti pada bagian biji yang baru tanaman, batang, daun, bunga dan buah. Akibat dari serangan hama dapat menyebabkan melambatnya pertumbuhan, kegagalan panen dan kematian tanaman. Oleh karena itu dibutuhkan langkah pengendalian hama kedelai yang tepat agar serangan hama tidak berdampak parah dan menyebabkan kerugian.

Untuk mengatasi serangan hama pada tanaman kedelai maka terlebih dahulu tentu saja harus mengenali jenis hama dan bagian yang diserangnya.

  • Kepik Hijau

Kepik hijau menyerang tanaman kedelai ketika memasuki fase berbuah. Serangan hama dilakukan oleh Nimfa (kepik muda) dan kepik dewasa dengan cara menghisap cairan biji. Akibat dari serangan hama ini polong menjadi mengempis dan kering. Serangan kepik hijau dapat menyebabkan produksi kedelai menjadi menurun secara kuantitas dan kualitas.

Pembahasan selengkapnya silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/kepik-hijau-pada-tanaman-dan-cara.html

  • Lalat Bibit

Lalat bibit menyerang pada fase awal budidaya tanaman kedelai yaitu saat baru tanam baik benih yang belum tumbuh maupun baru tumbuh. Gejala serangan dapat ditandai dengan adanya bintik-bintik putih pada keping biji, daun pertama atau daun kedua. Serangan hama lalat bibit menyebabkan benih berlubang, membusuk dan gagal tumbuh.

  • Lalat Batang

Lalat batang merupakan jenis hama yang paling sering ditemukan pada tanaman kacang-kacangan. Serangan hama lalat batang terjadi pada daun yang dilakukan oleh serangga dewasa saat meletakkan telur. Sementara serangan pada batang terjadi pada fase larva yang menggerek batang hingga berlubang. Akibat dari serangan hama lalat batang pada kedelai menyebabkan tanaman menjadi layu, mengering dan mati.

  • Lalat Buah

Selain menyerang tanaman buah hama lalat buah juga menyerang polong kedelai. Lalat buah memasukkan telur ke dalam polong lalu kemudian telur tersebut menetas menjadi larva. Larva inilah yang kemudian memakan biji kedelai. Akibat dari serangannya menyebabkan polong kedelai jadi membusuk dan rontok.

Pembahasan selengkapnya silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/lalat-buah.html

  • Ulat Grayak

Hama tanaman yang satu ini termasuk yang paling rakus karena memakan hampir semua bagian tanaman mulai dari batang, daun dan buah. Ulat grayak aktif pada malam hari dan siang hari akan beristirahat dan berlindung di dalam tanah. Akibat dari serangan hama ulat grayak dapat menyebabkan melambatnya pertumbuhan dan pada serangan parah bisa berdampak pada kematian tanaman.

Silahkan baca pembahasan selengkapnya tentang hama ulat grayak: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-grayak.html

  • Ulat Jengkal

Sama halnya dengan ulat grayak, ulat jengkal juga merupakan hama Polifag dan sangat rakus. Hama ulat jengkal menyerang bagian batang, daun dan buah. Ulat jengkal sangat menyukai daun muda sebagai makanannya. Serangan dimulai dari memakan bagian pinggir daun sampai pada serangan parah hanya menyisakan tulang daun saja. Akibat dari serangan hama ini menyebabkan kerusakan pada daun yang berdampak pada melambatnya pertumbuhan bahkan sampai kematian pada tanaman muda.

  • Ulat Buah (Polong)

Sesuai dengan namanya ulat ini menyerang buah atau polong kedelai. Selain menyerang polong hama ini juga menyerang bagian daun dan bunga. Ketika menyerang polong maka bagian kepala dan sebagian tubuhnya akan masuk ke dalam polong dan memakannya dari dalam. Akibat serangan ulat buah menyebabkan polong menjadi berlubang dan rusak. Pada serangan parah dapat menyebabkan kegagalan panen.

Pembahasan selengkapnya silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-buah.html

  • Penggerek Daun

Penggerek daun dikenal juga dengan nama oteng-oteng. Hama penggerek daun ini menyerang daun baik yang masih muda maupun yang sudah tua tetapi lebih sering ditemukan pada daun tanaman muda. Serangan terjadi pada fase larva dan serangga dewasa. Akibat dari serangan hama tersebut menyebabkan daun menjadi berlubang, mengering dan akhirnya mati.

  • Penggulung Daun

Ulat penggulung daun memiliki zat perekat yang digunakan untuk menempelkan bagian sisi dalam daun sehingga daun tersebut menggulung. Ulat tersebut lalu bersembunyi pada gulungan daun tersebut. Ulat ini memakan daun termasuk tulangnya. Serangan hama ini bisa ditandai dengan adanya daun kedelai yang menggulung.

  • Penggerek Buah (Polong)

Penggerek buah atau penggerek polong kedelai menyerang bagian polong dan tinggal di dalamnya sehingga buahnya menjadi rusak. Selain menyerang polong hama ini juga menyerang bagian bunga  sehingga tanaman kedelai tidak dapat membentuk buah. Serangan hama ini ditandai dengan adanya bulatan bundar pada polong dan apabila terdapat dua lubang berarti penggerek sudah meninggalkan polong.

  • Kutu Daun

Kutu daun merupakan hama polifag yang menyebabkan kerusakan pada bagian daun berbagai jenis tanaman. Serangan hama kutu daun pada tanaman kedelai menyebabkan daun menjadi keriting karena cairan daun tersebut sudah dihisapnya. Akibat dari serangan hama kutu daun menyebabkan kedelai tumbuh kerdil dan produktivitasnya menjadi menurun. Selain menyerang tanaman secara langsung hama ini juga menjadi vektor virus penyebab penyakit.

Pembahasan selengkapnya silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-daun.html

  • Kutu Kebul

Kutu kebul ditemukan bergerombol dibagian bawah daun. Hama yang juga dikenal dengan nama kutu putih ini menghisap cairan daun sehingga menyebabkan daun menguning dan mengering. Serangan dilakukan oleh serangga muda dan dewasa. Hama kutu kebul juga merupakan vektor virus penyebab penyakit.

Baca pembahasan selengkapnya tentang kutu kebul: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-kebul-pada-tanaman-dan-cara.html

Demikian pembahasan tentang hama pada tanaman kedelai. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama