Lazada 99

14 Jenis Hama Pada Tanaman Kakao Yang Sangat Merugikan

Kakao merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak disukai oleh petani. Tanaman jangka panjang yang mempunyai kemampuan berbuah sepanjang tahun ini memang sangat bisa diandalkan. Hanya saja banyaknya jenis hama yang menyerang serta kondisi harga yang kadang tidak stabil sering menurunkan semangat petani kakao. Hama tanaman kakao ini terbilang cukup komplek karena menyerang semua bagian tanaman mulai dari akar, batang, daun, bunga dan buah.

Hama Tanaman Kakao

Jenis Hama Tanaman Kakao

Hama tanaman kakao berasal dari jenis serangga sampai mamalia. Setiap jenis hama menargetkan bagian tertentu tanaman dan pada fase tertentu. Beberapa hama utama sangat menyulitkan petani karena serangannya bisa menyebabkan gagal panen bahkan kematian pada tanaman kako. Setiap jenis hama memberikan tingkat kerusakan yang berbeda pada setiap serangannya. Langkah pengendalian hama tersebut pun tentunya berbeda-beda.

Hama Yang Menyerang Akar Tanaman Kakao

Akar tanaman kakao cenderung rentang terserang hama pada saat tanaman masih muda atau pada masa pembibitan. Jenis hama yang menyerang bagian akar ini merupakan hama Polifag yang hanya memilih jenis akar yang lebih muda saja. Jadi, ketika berada di lahan tanam dan pertumbuhannya sudah besar kemungkinan serangan akan semakin kecil.

  • Orong orong

Orong orong merupakan jenis serangga yang banyak menghabiskan hidupnya di dalam tanah. Jenis hama ini sangat mudah ditemukan pada lahan pertanian yang banyak mengandung bahan organik. Biasanya hama ini menyerang tanaman muda atau yang masih berada pada lokasi pembibitan. Hama ini memakan akar tanaman sehingga menyebabkan melambatnya pertumbuhan.

  • Uret

Uret merupakan larva dari salah satu jenis kumbang. Keberadaan uret pada lahan pertanian bisa saja terbawa oleh penggunaan pupuk kandang yang belum matang sempurna. Larva ini sangat menyukai tanah yang memiliki banyak kandungan bahan organik. Hama ini menjadikan bahan organik sebagai makanannya termasuk akar rumput dan akar tanaman.

Hama Yang Menyerang Batang Tanaman Kakao

Hama yang menyerang tanaman kakao pada bagian batang ini berdampak parah karena bisa berujung pada kematian tanaman. Kedua jenis hama dari jenis yang berbeda-beda menghasilkan tingkat kerusakan yang berbeda pula setiap serangannya. Namun pada akhirnya akan sangat merugikan jika tidak dilakukan langkah pengendalian hama yang tepat.

  • Penggerek Batang Kakao

Salah satu hama utama pada tanaman kakao adalah penggerek batang. Hama ini menyerang bagian batang dan cabang tanaman. Kerusakan disebabkan oleh larva yang menggerek batang atau cabang kakao sampai pada jaringan pengangkut. Bagian yang terserang akan layu, kering dan pada akhirnya akan mati.

  • Babi Hutan

Babi hutan dikenal sebagai jenis hama yang sangat buas. Hama ini menyerang hampir semua jenis tanaman terutama yang masih muda atau baru tanam. Pada jenis tanaman tertentu babi hutan memakan buah sehingga menyebabkan gagal panen. Pada tanaman kakao hama ini sangat merugikan karena selain memakan buah yang berada pada batang bawah juga bisa merusak tanaman yang baru tanam.

Hama Yang Menyerang Daun Tanaman Kakao

Daun tanaman kakao merupakan bagian yang juga sangat vital perannya dalam pertumbuhan dan produksi buah. Jika bagian ini rusak maka bisa dipastikan pertumbuhan dan produksi buah akan melambat. Pada tingkatan kasus serangan yang parah tanaman bisa mengalami kematian.

  • Ulat Kilan

Ulat kilan merupakan jenis hama yang menyerang tanaman kakao pada bagian daun. Tanaman kakao yang diserang adalah tanaman muda yang berumur antara 2-4 bulan. Hama ini memakan daun muda dan hanya menyisakan tulang daun saja. Akibat dari serangan hama ulat ini membuat pertumbuhan kakao menjadi melambat. Jika serangannya terus berlangsung atau tidak lakukan langkah pengendalian maka akan menyebabkan kematian tanaman.

  • Ulat Matahari

Sama halnya dengan ulat kilan, ulat matahari juga menyerang tanaman kakao pada bagian daun terutama yang masih muda. Hanya saja untuk jenis ulat ini tidak memandang usia tanam kakao, sehingga setiap daun muda yang baru tumbuh terancam oleh serangan hama ini. Selain menyerang bagian daun ulat ini juga kuncup daun dan bunga kakao. Serangan hama ini menyebabkan proses produksi buah menjadi terhambat.

  • Ulat Jaran

Gejala serangan hama ulat jaran pada tanaman kakao sama persis dengan ulat kilan. Hama ini juga menyerang daun muda dan hanya menyisakan tulangnya saja. Namun ulat jaran tidak memandang usia tanam kakao. Sehingga keberadaan ulat ini bisa lebih berbahaya.

Hama Yang Menyerang Buah Tanaman Kakao

Buah kakao merupakan salah satu bagian yang memiliki jenis hama paling banyak. Potensi serangan bisa datang mulai dari buah yang masih muda sampai yang matang atau siap panen. Serangan hama dalam tingkatan parah dapat menyebabkan penurunan produksi dari 50% sampai gagal panen.

  • Kutu Putih

Kutu putih merupakan jenis hama yang menyerang bagian buah tanaman kakao. Serangan hama ini dilakukan pada bagian pangkal buah. Selanjutnya buah akan terinfeksi ke seluruh bagian buah yang menyebabkan buah akan rontok atau perkembangannya terhambat yang lambat laung akan kering dan mati. Hama ini menyerang buah kecil atau masih muda. Akibat dari serangan hama ini bisa menyebabkan gagal panen apabila tidak dilakukan tindakan pengendalian yang tepat. Selain menyerang secara langsung hama ini juga menjadi vektor bagi penyakit embun jelaga pada daun kakao.

  • Lalat Buah

Sesuai dengan namanya hama ini menyerang buah kakao. Serangan hama ini dimulai dari induk atau lalat betina yang meletakkan telurnya pada permukaan kulit buah. Selanjutnya telur tersebut akan berubah menjadi larva. Larva inilah yang menyebabkan kerusakan parah pada buah kakao terutama yang masih muda. Serangan hama lalat buah menyebabkan biji kakao tidak dapat mengembang dan lengket. Gejala serangan bisa ditandai dengan perubahan warna kulit buah menjadi kuning pucat.

Pembahasan Lengkap Tentang Hama Lalat Buah Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/lalat-buah.html

  • Penggerek Buah Kakao

Buah kakao masih memiliki musuh yang terbilang sulit untuk dikendalikan yaitu penggerek buah. Proses serangan hama ini hampir sama dengan lalat buah yaitu dimulai dari induk yang meletakkan telurnya pada alur kulit buah kakao. Selanjutnya jika telur sudah menetas dan menghasilkan larva, larva inilah yang menggerek buah kakao. Akibat dari serangan hama ini biji kakao menjadi lengket dan berwarna hitam.

  • Kepik

Kepik merupakan jenis hama yang menyerang tanaman kakao pada berbagai bagian seperti buah, daun dan tangkainya. Serangan pada buah dilakukan dengan menghisap cairan pada buah kakao menggunakan jarum yang ada di bagian tengah tubuhnya. Serangan pada pucuk daun menyebabkan daun kakao layu dan gugur. Sementara serangan pada ranting menyebabkan ranting menjadi kering dan meranggas.

  • Tupai

Tupai menjadi hama pada tanaman kakao karena memakan daging buah kakao yang menyebabkan buahnya berlubang. Meskipun pada dasarnya tupai tidak memakan biji dan hanya memakan daging buahnya saja. Tupai juga cenderung lebih memilih buah kakao yang sudah masak dan siap untuk dipetik.

  • Tikus

Berbeda dengan tupai tikus justru memakan daging buah dan biji kakao. Selain itu tikus juga lebih menyukai buah kakao yang masih muda. Oleh karena itu serangan hama tikus pada tanaman kakao lebih berbahaya karena bisa menyebabkan gagal panen.

  • Monyet

Keberadaan monyet pada lahan budidaya tanaman kakao dianggap sebagai hama karena binatang ini memakan buah kakao. Selain itu monyet juga bisa menyebabkan dahan patah dan bunga kakao menjadi rontok.

Baca juga: 12 Jenis Hama Yang Menyerang Tanaman Tomat.

Demikian pembahasan tentang jenis hama pada tanaman kakao, semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama