Lazada 99

7 Jenis Hama Yang Menyerang Tanaman Jeruk

Jeruk merupakan salah satu tanaman pavorit petani buah di Indonesia. Selain karena jumlah permintaan yang tinggi dan cenderung stabil hasil panen buah jeruk pun sangat menguntungkan. Namun ada beberapa tantang yang harus dihadapi oleh petani dalam membudidayakan tanaman buah yang satu ini salah satunya adalah serangan hama. Tanaman jeruk merupakan salah satu jenis tanaman yang disukai oleh banyak organisme pengganggu tanaman. Apa saja hama pada tanaman jeruk? Silahkan simak ulasannya berikut ini!

Hama Tanaman Jenis

Jenis Hama Pada Tanaman Jeruk

Hama tanaman jeruk menyerang bagian tanaman terutama pada daun dan buah. Serangan hama ini berpotensi menyebabkan kegagalan panen dan kematian tanaman, terutama yang masih muda. Oleh karena itu sangat penting bagi petani untuk mengetahui jenis hama yang sering menyerang tanaman jeruk agar bisa mempersiapkan langkah pencegahan dan pengendalian.

Kutu Dompolan

Kutu dompolan atau sering juga disebut dengan kutu putih merupakan jenis hama yang menyerang tanaman jeruk pada bagian daun, ranting dan bunga. Hama ini menyerang dengan cara menghisap cairan pada tanaman. Akibat dari serangannya bisa menyebabkan daun, bunga dan buah madu gugur. Hama kutu ini mengeluarkan cairan manis yang disukai oleh semut. Keberadaan semut inilah yang membantu penyebaran kutu ke seluruh bagian tanaman.

Pembahasan lengkap tentang kutu dompolan silahkan kunjungi: (Link Belum Tersedia

Kutu Loncat

Kutu loncat merupakan hama penting bagi tanaman jeruk karena tingkat serangan para dapat menyebabkan kematian tanaman. Kutu kecil berwarna cokelat ini menyerang daun tanaman dan bagian lain yang masih muda seperti tangkai daun, tunas muda dan lainnya. Hama ini menyerang dengan cara menghisal cairan sel tanaman. Akibat dari serangan hama ini menyebabkan kerusakan pada daun yang ditandai dengan bagian daun menjadi berkerut, menggulung atau kering. Pada akhirnya pertumbuhan tanaman menjadi terhambat bahkan bisa menyebabkan kematian tanaman.

Pembahasan lengkap tentang kutu loncat silahkan kunjungi: (Link Belum Tersedia)

Kutu Sisik

Kutu sisik merupakan jenis hama tanaman yang menyerang bagian daun, tangkai dan buah. Hama tanaman jeruk ini menyukai tempat terlindung seperti dibawah permukaan daun sepanjang tulang daun. Hama yang bersifat polifag ini mengakibatkan daun tanaman berubah warna menjadi kuning, terdapat bercak-bercak khlorotis dan seringkali gugur. Serangan parah akan menyebabkan ranting dan cabang akan menjadi kering.

Pembahasan lengkap tentang kutu sisik silahkan kunjungi: (link Belum Tersedia)

Kutu Daun

Kutu daun ada tiga jenis yang dibedakan berdasarkan warna yaitu kutu daun cokelat, kutu daun hitam, dan kutu daun hijau. Jenis kutu daun yang menyerang tanaman jeruk adalah kutu daun cokelat. Hama ini selain menyerang tanaman secara langsung juga menjadi vektor atau pembawa virus penyebab penyakit. Serangan hama kutu daun menyebabkan kerusakan pada daun atau bagian tanaman yang masih muda karena hama ini menghisap cairan tanaman.

Pembahasan lengkap tentang kutu daun silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-daun.html

Ulat Peliang Daun

Ulat peliang daun menyerang tanaman jeruk pada bagian yang masih muda seperti daun, tangkai daun, ranting bahkan buah yang masih muda. Fase aktif melakukan serangan adalah saat masih menjadi larva dengan membuat liang pada jaringan epidermis tanaman. Selanjutnya, apabila akan berubah menjadi puva atau kepompong ulat akan berpindah menuju tepi daun lalu menggulung daun untuk menjadikannya pelindung. Gejala serangan pada daun bisa ditandai dengan adanya garis yang bentuknya sesuai dengan jalur pada bagian yang dimakannya.

Pembahasan lengkap tentang ulat peliang daun silahkan kunjungi: (Link Belum Tersedia)

Lalat Buah

Lalat buah merupakan hama penting bagi tanaman buah-buahan termasuk jeruk. Hama ini menyerang tanaman dengan cara menyimpan telur di dalam buah. Selanjutnya telur tersebut akan berubah menjadi larva yang akan memakan daging buah. Akibat dari serangan hama tersebut menyebabkan produksi buah menjadi tidak maksimal secara kualitas dan kuantitas. Hama ini menjadi penyebab gagal panen pada tanaman jeruk.

Pembahasan lengkap tentang hama lalat buah silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/lalat-buah.html

Penggerek Bunga

Hama penggerek bunga merupakan jenis serangga yang menyerang bagian bunga tanaman jeruk. Serangan dilakukan oleh larva yang masuk ke dalam bunga dan menggerek bagian bunga dari dalam. Akibat dari serangan hama ini menyebabkan bunga berguguran dan gagal menjadi buah. Bahkan apabila berhasil menjadi buah maka buahnya akan memiliki lubang-lubang. Buah yang berlubang tersebut sudah terinfeksi dan akan gugur sebelum matang.

Pembahasan lengkap tentang hama penggerek bunga silahkan kunjungi: (Link Belum Tersedia)

Demikian pembahasan tentang hama pada tanaman jeruk. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama