Lazada 99

8 Jenis Hama Tanaman Durian Penyebab Kerugian Petani

Durian merupakan salah satu jenis tanaman buah yang memiliki ancaman dari berbagai jenis hama. Hama pada tanaman durian menjadi salah satu penyebab kerusakan tanaman baik pada tingkatan yang rendah sampai yang parah. Oleh karena itu petani perlu memahami apa saja jenis hama yang menyerang tanaman durian berikut cara pengendaliannya.

Hama Tanaman Durian

Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Durian

Hama tanaman durian menjadi penyebab kerugian petani karena menjadi penyebab melambatnya pertumbuhan, gagal panen dan bahkan sampai kematian tanaman. Bagian durian yang paling banyak diserang oleh hama adalah buahnya. Hama menyerang mulai pada masa berbunga dan setealah menjadi buah. Jenis hama lain yang juga butuh perhatian serius adalah yang menyerang bagian daun dan batang.

  • Penggerek Batang

Hama tanaman durian ini menyerang bagian batang, dahan dan ranting. Serangan hama ini dilakukan oleh larva (ulat) dengan membuat lubang yang menyebabkan distribusi unsur hara dan air menjadi terganggu. Akibatnya bagian tanaman yang terserang akan menjadi kering, daunnya layu, rontok dan akhirnya mati. Gejalara serangan ditandai dengan adanya kotoran dan cairan yang berwarna merah pada lubang bekas gerekan larva tersebut.

  • Penggerek Bunga

Penggerek bunga menyerang tanaman durian yang mulai berbunga. Serangan dilakukan oleh hama pda masa larva atau ulat. Hama ini menyerang bagian kuncup bunga dan calon buah. Gejala kerusakan dari serangan hama tersebut adalah putik banyak yang berguguran, sementara bagian tajuk bunga dan benang saripun akan mengalami kerusakan. Akibat dari kerusakan ini menyebabkan gagalnya pembuahan.

  • Penggerek Buah

Selain hama penggerek bunga hama yang dapat menyebabkan gagal panen adalah penggerek buah. Hama ini menyerang mulai dari bagian tangkai buah durian. Selanjutnya akan masuk ke dalam buah dan merusak buah dari dalam. Serangan hama yang sangat rakus ini terjadi pada fase larva.

  • Penggerek Biji

Penggerek biji merupakan jenis hama pada tanaman durian yang sangat berbahaya. Masalahnya adalah tidak ada gejala yang bisa ditandai dari serangan hama ini. Larva mulai terlihat apabila telah keluar dari biji dan akan berlanjut pada fase perkembangan berikutnya yaitu puva. Serangan hama ini menyebabkan kualitas buah durian menjadi menurun. Ketika buah durian dibuka maka akan tampak larva daging buah telah dikotori.

  • Lebah Mini

Hama tanaman durian berikutnya adalah lebah mini. Hama ini menyerang tanaman pada dua fase perkembangan yaitu pada saat masih larva dan setelah menjadi serangga dewasa. Pada fase larva hama ini menyerang bagian daun muda tanaman durian. Selanjutnya pada fase serangga dewasa lebah mini menjadikan daun muda dan ranting sebagai sumber makanannya.

  • Kutu Putih

Hama kutu putih merupakan salah satu jenis hama yang bersifat polifag dan berbahaya. Serangan hama kutu putih menyebabkan kerusakan tanaman secara langsung dan juga menjadi sumber penyakit cendawan jelaga. Kutu putih menyerang tanaman durian secara langsung dengan cara menghisap cairan yang ada pada daun. Hama ini juga mengeluarkan cairan madu yang menjadi tempat hidup bagi cendawan jelaga.

  • Ulat Daun

Ulat daun menyerang menyerang daun durian baik yang masih muda maupun sudah tua. Pada serangan parah akan membuat tanaman menjadi gundul karena hanya akan menyisakan tangkai daun saja. Hama yang sangat rakus ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan melambatnya pertumbuhan, menghambat produksi buah bahkan bisa berujung pada kematian tanaman.

  • Tupai

Selain dari jenis serangga ancaman buah durian juga berasal dari hewan mamalia yaitu tupai. Binatang yang masih sebangsa dengan tikus ini merupakan herbivora yang sangat rakus. Hampir semua jenis tanaman buah menjadi sasarannya termasuk durian. Serangan hama ini sangat sulit dikendalikan karena mempunyai kemampuan berpindah tempat yang sangat cepat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Demikian pembahasan tentang Jenis Hama Pada Tanaman Durian. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama