Lazada 99

4 Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu komoditas pertanian yang menjadi pavorit petani. Selain budidayanya yang cenderung relatif mudah harga jual hasil panennya pun terbilang tinggi. Ditambah lagi hasil panen cengkeh bisa disimpan dalam waktu yang lama sehingga bisa dijual pada saat harga mulai stabil. Namun namanya budidaya tanaman ada saja tantangannya, salah satunya adalah adanya serangan hama. Hama utama pada tanaman cengkeh pada dasarnya lebih sedikit jika dibandingkan tanaman lain.

Hama Tanaman Cengkeh

Hama Pada Tanaman Cengkeh

Hama tanaman cengkeh tidak terlalu banyak seperti tanaman perkebunan lainnya. Organisme pengganggu tanaman yang terkadang ditemukan pada tanaman cengkeh adalah kutu daun, rayap, penggerek batang dan tupai. Beberapa jenis hama hanya menyerang pada fase pertumbuhan tertentu saja.

Kutu Daun

Hama kutu daun menyerang tanaman cengkeh pada bagian daun yang masih muda (pucuk). Jenis hama ini biasanya ditemukan melekat pada tangkai daun dan ranting. Kutu daun mengisap cairan sehingga menyebabkan daun tanaman mudah layu. Kutu daun ini juga yang menjadi penyebab penyakit embun jelaga. Selain itu hama ini juga mengeluarkan sekresi dengan rasa manis yang sangat disukai oleh semut.

Akibat dari serangan hama kutu daun membuat pertumbuhan tanaman cengkeh menjadi melambat. Oleh karena itu keberadaan hama ini harus segera dibasmi agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius nantinya.

Pembahasan Selengkapnya tentang Hama Kutu Daun Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-daun.html.

Rayap

Rayap juga bisa menjadi hama yang sangat berbahaya khususnya untuk bibit cengkeh yang baru pindah tanam. Rayap memakan bagian akar tanaman sehingga proses distribusi hara dari dalam tanah menjadi terganggu. Serangan hama ini dapat menyebabkan melambatnya pertumbuhan bahkan kematian tanaman.

Penggerek Batang

Hama utama tanaman cengkeh adalah penggerek batang. Jenis hama ini biasanya menyerang tanaman cengkeh yang memasuki awal-awal produksi atau berumur sekitar 4-8 tahun setelah tanam. Penggerek batang ini adalah jenis kumbang yang disebut dengan Nothopeus Fasciatipennis. Serangan terjadi pada fase larva.

Gejala serangan dapat ditandai dengan adanya lubang-lubang pada tanaman cengkeh yang berukuran antara 3-5 mm. Pada permukaan batang terdapat cairan kental dan sisa-sisa kotoran larva ketika masih aktif menggerek. Akibat dari serangan hama ini dapat menyebabkan melambatnya pertumbuhan cengkeh, berkurangnya produksi sampai kematian tanaman.

Tupai

Tupai juga merupakan salah satu jenis hama yang menyerang tanaman cengkeh. Meski keberadaan hama ini jarang dijumpai pada tanaman karena pergerakannya cepat dan pintar bersembunyi namun hama ini juga bisa menimbulkan kerusakan pada pohon cengkeh. Hama tupai memakan kulit dan batang tanaman cengkeh.

Baca juga: 7 Jenis Hama Pada Tanaman Kopi

Demikian pembahasan tentang jenis hama tanaman cengkeh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama