Lazada 99

8 Jenis Hama Tanaman Kacang Panjang

Produksi buah kacang panjang tidak hanya dipengaruhi oleh asupan nutrisi tetapi juga oleh serangan hama. Hama tanaman bisa menyebabkan melambatnya pertumbuhan, menurunnya jumlah produksi bahkan sampai pada kegagalan panen dan kematian tanaman. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui jenis hama kacang panjang agar bisa mempersiapkan langkah pencegahan dan pengendalian.

Hama Kacang Panjang

Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Kacang Panjang

Hama tanaman kacang panjang merupakan penyebab kerugian petani. Serangan hama bisa terjadi pada fase awal penanaman sampai kacang panjang mulai menghasilkan buah. Hama menyerang bagian tanaman mulai dari batang, daun, bunga, sampai buahnya.

  • Kutu Kebul

Kutu kebul atau kutu putih merupakan hama yang bersifat polifag dan menyerang hampir semua jenis tanaman holtikultura. Keberadaan kutu kebul pada tanaman kacang panjang sangat merugikan karena selain menyerang tanaman secara langsung juga berperan sebagai vektor penyakit. Kutu menyerang tanaman kacang panjang dengan cara menghisap cairan pada daun. Akibat dari serangan hama tersebut daun kacang panjang akan menguning.

Untuk pembahasan lengkap tentang hama kutu kebul silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-kebul-pada-tanaman-dan-cara.html

  • Kutu Daun

Kutu daun juga menyerang tanaman kacang panjang pada bagian daun. Hama ini menyerang pada bagian pucuk atau daun muda. Serangan kutu daun dilakukan dengan menusukkan stiletnya ke dalam jaringan tanaman lalu menghisap cairannya. Akibat dari serangan hama ini menyebabkan pertumbuhan dan produksi buah menjadi terganggu.

Untuk pembahasan selengkapnya silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-daun.html

  • Ulat Jengkal

Hama tanaman kacang panjang yang juga menyerang bagian daun adalah ulat jengkal. Hama tanaman yang sering disebut dengan ulat kilan ini terbilang sangat rakus karena bisa memakan habis bagian daun dan hanya menyisakan tulangnya saja. Ulat jengkal memakan daun muda dan daun yang sudah tua. Jika tidak ditangani dengan benar maka serangan hama ini akan semakin parah dan menyebabkan semua daun akan habis dimakannya.

Pembahasan lengkapnya silahkan kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-jengkal.html

  • Ulat Grayak

Ulat grayak merupakan musuh bersama petani tanaman pangan dan sayur karena hama ini bersifat polifag dan menyerang tanaman holtikultura. Hama ulat grayak biasanya menyerang tanaman kacang panjang pada bagian pucuk atau daun muda. Gejala serangan bisa ditandai dengan adanya bekas gesekan pada permukaan daun terdapat kotoran berbentuk seperti serbuk gergaji. Hama ini terbilang sangat rakus karena pada tingkatan parah hanya akan menyisakan tulang daun saja.

Silahkan dibaca pembahasan selengkapnya: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-grayak.html

  • Ulat Bunga

Sesuai dengan namanya hama ini menyerang tanaman kacang panjang pada bagian bunga. Larva menyerang bunga yang membuka dan memakan polongnya. Ulat bunga dapat menyebabkan kegagalan panen.

  • Lalat Kacang

Lalat kacang dikenal juga dengan nama lalat bibit. Hama ini menyerang tanaman kacang-kacangan pada fase awal penanaman sebelum benih tumbuh. Biji yang terserang hama ini bisa gagal tumbuh dan kalau tumbuhpun akan mengalami kerusakan. Gejala serangan bisa ditandai dengan adanya bintik putih pada keping biji, daun pertama dan daun kedua. Daun berubah warna menjadi kuning dan terjadi perakaran sekunder pada pangkal batang dan membengkak.

  • Penggerek Biji

Penggerek biji merupakan salah satu hama tanaman kacang panjang yang dapat mengakibatkan gagal panen. Hama ini mulai menyerang saat tanaman mulai berbunga. Bunga yang terserang ulat penggerek biji akan berwarna kehitaman, menempel antara satu dengan yang lain, rontok dan gagal menjadi polong. 

  • Tungau Merah
Tungau merah menyerang tanaman kacang panjang pada bagian daun. Serangan hama ini dapat ditandai dengan adanya bercak kuning pada daun tua. Bercak tersebut akan terus meluas sampai seluruh permukaan daun menjadi warna kuning. Selanjutnya akan berubah warna lagi menjadi merah karat.

Baca juga: Jenis Hama Pada Tanaman Kedelai

Demikian pembahasan tentang jenis hama pada tanaman kacang panjang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama