Lazada 99

13 Jenis Hama Pada Tanaman Cabe Yang Sangat Merugikan Petani

Budidaya tanaman cabe sepintas terlihat sangat sederhana namun akan menjadi rumit ketika serangan hama mulai terjadi. Hama pada tanaman cabe sangat banyak, terhitung ada 13 jenis yang sering ditemukan mengganggu pertumbuhan dan produksi buah tanaman cabe. Pembahasan selengkapnya berikut ini.

Hama Tanaman Cabe

Hama Tanaman Cabe

Hama tanaman cabe sangat beragam dan memiliki tingkat serangan yang berbeda-beda tergantung bagian yang diserang serta pada fase pertumbuhannya. Semua bagian tanaman mulai dari akar, batang, daun dan buah berpotensi terserang  oleh hama. Keberadaan hama tentunya sangat merugikan karena dapat menyebabkan kegagalan panen dan kematian tanaman.

Hama Yang Menyerang Akar Cabe

Hama yang menyerang bagian akar pada tanaman cabe ini sangat berbahaya karena menyerang hampir semua fase pertumbuhan tanaman. Ada beberapa jenis hama yang sebenarnya bukanlah jenis herbivora tetapi dalam kondisi tertentu menjadikan akar tanaman sebagai makanannya sehingga dianggap hama.
  • Uret

Uret merupakan hama utama pada tanaman lahan kering seperti tebu, jagung, sorgum atau kedelai. Selain itu uret juga menyerang tanaman holtikultura seperti Cabe. Uret biasanya ditemukan pada sisa-sisa sampah atau di dalam tanah yang banyak mengandung bahan organik. Hama uret menyerang bagian akar baik tanaman yang masih muda maupun yang sudah besar. Serangan uret cenderung lebih susah dikendalikan karena habitatnya yang berada di dalam tanah sehingga tidak mudah terjangkau oleh Insektisida apalagi jika budidaya menggunakan mulsa plastik.

Pembahasan Lengkap Tentang Uret Silahkan Kunjungi: (https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-uret.html)

  • Orong-orong

Orong orong atau yang biasa juga dikenal sebagai anjing tanah ini sebenarnya merupakan binatang Karnivora. Hanya saja, jika kekurangna makanan maka hama ini akan memakan akar rumput atau akar tanaman. Hewan ini sulit ditemukan karena bersembunyi di dalam tanah dan aktif pada malam hari. Selain mempunyai kemampuan berlari yang tergolong cepat orong orong juga mempunyai kemampuan terbang hingga sejauh 8 KM pada musim kawin.

Pembahasan Lengkap Tentang Orong Orong Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-orong-orong.html

  • Nematoda Akar

Nematoda akar merupakan jenis hama yang menyerang tanaman dengan iklim panas. Serangan hama ini bisa menjadi semakin meluas dan membesar jika drainase pada lahan budidaya sangat buruk. Akibat dari serangannya tanaman menjadi kerdil, pertumbuhan melambat. Hal ini disebabkan karena bagian sistem perakaran sudah rusak sehingga suplai nutrisi tidak berjalan normal.

Pembahasan Lengkap Tentang Nematoda Akar Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

Hama Yang Menyerang Batang Cabe

Bagian batang cabe sebenarnya tidak rentang terserang oleh hama. Hanya ada satu jenis hama yang secara langsung menyerang bagian tanaman ini yaitu ulat tanah. Sementara hama lain menyerang bagian batang bukan menjadikan sebagai target utamanya.
  • Ulat Tanah

Ulat tanah yang habitatnya berada di dalam tanah ternyata justru menyerang bagian batang tanaham. Serangan hama ini menyebabkan kematian tanaman karena bagian batang dipotong. Hama ulat ini berwarna agak kehitaman dan memiliki bintik-bintik atau garis pada punggungnya. Hama ini bisa muncul dari penggunaan pupuk kandang yang belum matang sempurna.

Pembahasan Lengkap Tentang Ulat Tanah Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-tanah.html

Hama Yang Menyerang Daun Cabe

Bagiann daun cabe merupakan yang paling rentang terserang hama. Daun cabe diserang berbagai jenis hama yang cenderung susah dikendalikan karena beberapa diantaranya juga berperan sebagai vektor penyakit. Akibat dari serangan hama ini bisa menyebabkan kematian tanaman.
  • Tungau

Tungau merupakan jenis hewan yang mempunyai kemampuan beradaptasi yang sangat tinggi. Hama ini sangat mudah menyebar karena ukurannya yang sangat kecil sehingga hewan pemangsa tidak tertarik untuk memangsanya. Jenis tungau yang menyerang tanaman cabe adalah tungau merah dan tungau kuning. Akibat dari serangan tungai ini, daun cabe menjadi keriting dan menggulung ke bagian bawah seperti sendok terbalik. Serangan hama tungau dalam waktu yang lama akan menyebabkan kematian pada tanaman cabe.

Pembahasan Lengkap Tentang Tungau Silahkan Kunjungi: (Belum Dibuat Sabar yah!)

  • Kutu Daun

Kutu daun menyerang tanaman pada musim kemarau dan semua fase pertumbuhan tanaman. Serangga kecil ini menyerap getah tanaman sehingga pertumbuhannya menjadi melambat bahkan bisa berujung pada kematian tanaman. Selain menyerang tanaman secara langsung hama ini juga menjadi vektor bagi virus PVY (Potato Virus Y) dan PLRV (Potato Leafroll Virus). Kutu daun yang sering menyerang tanaman cabe adalah kutu daun persik dan kutu daun kapas.

Pembahasan Lengkap Tentang Kutu Daun Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-daun.html

  • Kutu Kebul

Kutu kebul merupakan hama Polifag (menyerang berbagai jenis tanaman). Serangan hama ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya hanya saja karena kutu kebul menjadi vektor penyakit virus gemini sehingga akibat dari keberadaan hama ini sangat merugikan. Akibat dari serangan virus gemini dapat menyebabkan kegagalan panen hingga 100%.

Pembahasan Lengkap Tentang Kutu Kebul Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-kutu-kebul-pada-tanaman-dan-cara.html

  • Thrips

Thrips menyerang tanaman cabe pada bagian daun dengan cara menghisap cairan permukaan daun. Gejala serangan dari hama ini bisa ditandai dengan adanya bercak-bercak keperakan pada bagian daun. Selanjutnya daun akan berubah warna menjadi cokelat tembaga, menjadi keriting atau keriput dan pada akhirnya pucuk tanaman akan mati. Hama Thrips berkembang dengan cepat pada musim kemarau.

Pembahasan Lengkap Tentang Thrips Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/hama-thrips.html

Hama Yang Menyerang Buah Cabe

Buah cabe pun tidak luput dari serangan hama. Meskipun pada dasarnya tanaman cabe tidak memiliki hama utama yang menyerang bagian buah, namun jenis hama Polifag bisa menjadikan buah cabe sebagai sasaran utamanya jika tidak ditemukan target tanaman utamanya.

  • Lalat Buah

Lalat buah merupakan salah satu hama utama pada tanaman cabe. Hama yang termasuk jenis polifag ini menyerang buah cabe membuat lubang pada buah cabe kemudian meletakkan telur di dalamnya. Selanjutnya telur akan berubah menjadi larva yang akan merusak buah cabe. Serangan dalam jumlah besar akan menyebabkan kegagalan panen.

Pembahasan Lengkap Tentang Lalat Buah Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/lalat-buah.html

  • Ulat Buah

Ulat buah pada dasarnya merupakan hama utama pada tanaman tomat. Ulat ini menyerang buah cabe yang masih muda dan sudah matang. Ulat akan mengebor buah dan masuk ke dalamnya sehingga buah cabe menjadi rusak dan tidak layak jual.

Pembahasan Lengkap Tentang Ulat Buah Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-buah.html

  • Ulat Bawang

Ulat bawang merupakan hama utama tanaman bawang yang menyerang bagian daun bawang. Pada tanaman cabe ulat ini menyerang bagian buah. Serangan hama ini bisa merusak kualitas buah dan tidak layak panen.

Pembahasan Lengkap Tentang Ulat Bawang Silahkan Kunjungi: https://info.herbafarmmakassar.com/2021/09/ulat-bawang.html

Demikian pembahasan tentang jenis hama yang menyerang tanaman cabe. Semoga informasi ini bermanfaat!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama