Lazada 99

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Durian

Budidaya tanaman durian tentunya membutuhkan pupuk untuk menyuplai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh subur dan menghasilkan buah. Salah satu jenis pupuk yang bisa digunakan adalah Pupuk Bio Organik Herbafarm. Pupuk produksi PT Sidumuncul Pupuk Nusantara tersebut dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman termasuk tanaman durian. Adapun cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman durian adalah sebagai berikut:

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Untuk Durian

Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Durian

Aplikasi pupuk herbafarm untuk tanaman durian disesuaikan dengan fase atau tahapan budidaya. Pemakaian dimulai dari persiapan benih, tahap penyemaian, persiapan lahan sampai perawatan setelah tanaman. Adapun petunjuk penggunaannya adalah sebagai berikut:

Persiapan Benih

Pada tahapan persiapan benih penggunaan pupuk dilakukan untuk merendam benih durian yang akan dijadikan bibit, disemaikan. Aplikasi ini dilakukan untuk anda yang melakukan pembibitan durian mulai dari biji atau secara generatif. Untuk anda yang membeli siap tanam silahkan lewati proses ini.

Cara perendaman biji durian menggunakan larutan pupuk herbafarm cair adalah sebagai berikut:

  • Siapkan wadah perendaman yang disesuaikan dengan jumlah biji durian yang akan dijadikan bibit.
  • Masukkan pupuk organik herbafarm cair dengan dosis 10ml (1 tutup botol) untuk 5 liter air. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Aduk larutan tersebut selama 2 menit sampai homogen.
  • Rendam biji durian selama 5 jam
  • Biji durian siap disemaikan.
Perendaman biji durian dilakukan dengan larutan pupuk herbafarm cair bertujuan untuk mempercepat proses perkecambahan bibit dan mencegah terjadinya penyakit tular bibit.

Larutan herbafarm bekas perendaman biji durian jangan dibuang karena masih bisa digunakan untuk persiapan media pembibitan.

 Persiapan Media Semai

Aplikasi kedua pupuk herbafarm dilakukan pada saat persiapan media pembibitan. Media pembibitan berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos ditambahkan dengan 100 Gram pupuk herbafarm granul untuk setiap Polybag. Selanjutnya media tersebut disimpan selama satu minggu sebelum digunakan untuk melakukan pembibitan. Selama dalam proses penyimpanan lakukan penyiraman secara merata setiap hari dengan menggunakan larutan pupuk herbafarm cair.

Penyiraman bisa dilakukan dengan menggunakan larutan herbafarm yang sudah digunakan untuk merendam biji Durian sebelumnya. Bisa juga dengan membuat larutan baru dengan dosis yang sama. Penyiraman dilakukan setiap hari untuk menjaga kelembaban tanah dan mempercepat perkembangan mikroorganisme dalam media pembibitan tersebut.

Tujuan penggunaan pupuk herbafarm pada media pembibitan dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tular tanah dan menyiapkan nutrisi untuk pertumbuhan bibit durian.

Perawatan Bibit Durian

Penggunaan pupuk herbafarm selanjutnya dilakukan pada tahap perawatan bibit durian. Pupuk Herbafarm yang digunakan adalah Herbafarm Cair. Penggunaannya adalah dengan cara menyemprot media pembibitan setelah memasukkan biji durian ke dalam Polybag. Penyiraman dilakukan setiap minggu dimulai pada minggu pertama setelah pembibitan. Cara penggunaannya adalah dengan teknik penyemprotan. Dosis yang digunakan adalah 30ml atau 3 tutup botol dicampur dengan 14 liter air untuk 1 tangki semprot. Penyemprotan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00. Pemupukan dilakukan dengan menyemprot secara merata ke media pembibitan sampai tanah terlihat basah dan lembab.

Pengolahan Tanah

Aplikasi pupuk herbafarm selanjutnya dilakukan pada proses pengolahan tanah atau persiapan lubang tanam. Pupuk yang digunakan adalah herbafarm granul. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan pupuk herbafarm granul ke dalam lubang tanam sebanyak 200 gram/ lubang. Selanjutnya tutup dengan tanah lalu siram dengan air sampai basah. Lubang tanam didiamkan selama 1 minggu baru dilakukan pemindahan bibit.

Perawatan Tanaman

Pemupukan tanaman durian menggunakan herbafarm pada masa perawatan dibedakan menjadi dua yaitu tanaman durian yang belum produksi dan sudah produksi. Adapun cara pemupukannya adalah sebagai berikut:

  • Pemakaian Pupuk Herbafarm Cair Untuk Durian Yang Baru Tanam
Aplikasi pupuk herbafarm cair untuk tanam durian yang baru dipindahkan dari pembibitan dilakukan pertama kali setelah bibit berusia 7 hari setelah tanam. Dosis yang digunakan adalah 30ml/ tangki 14 liter air. Teknik aplikasinya adalah dengan cara penyemprotan. Pemupukan dilakukan setiap minggu sampai tanaman berusia 3 bulan. Selanjutnya aplikasi pupuk herbafarm cair dengan dosis yang sama dilakukan setiap 2 minggu sekali sampai tanaman berusia 1 tahun. Selanjutnya aplikasi bisa dilakukan setiap 1 bulan sekali atau menyesuaikan dengan kondisi tanaman durian.
  • Pemakaian Pupuk Herbafarm Cair Untuk Durian Yang Sudah Produksi

Biasanya tanaman durian mulai produksi atau berbuah saat berusia 3-5 tahun setelah tanam, tergantung dari varietas dan teknik budidaya dari awal. Jika tanaman durian sudah pernah berbuah maka cara pemakaian pupuk herbafarm adalah sebagai berikut:

  1. Teknik pemupukan yang digunakan adalah teknik kocor langsung dengan atau tanpa dicampur air dan teknik injeksi.
  2. Dosis yang digunakan jika dicampurkan dengan air menggunakan 20 ml ditambahkan dengan 2-6 liter air disesuaikan dengan tingkat kekeringan tanahnya.
  3. Untuk penggunaan tanpa mencampurkan dengan air dilakukan dengan cara menuangkan pupuk herbafarm secara langsung pada area pengakaran dengan jarak 1 meter atau sejajar dengan bagian terluar daun. Dosisnya adalah 2 tutup botol, 1 tutup botol untuk 1 titik lokasi.
  4. Waktu pemupukan dilakukan pada pagi atau sore hari.
  5. Durasi atau interval pemupukan dilakukan setiap 1 bulan sekali, 2 bulan sekali, atau 3 bulan sekali tergantung dengan kondisi atau tingkat kesuburan tanaman durian.
  6. Pemupukan dengan teknik injeksi dilakukan apabila pohon durian sudah terlalu besar atau berusia puluhan tahun. Inejksi dilakukan dengan cara membuat lubang pada batang dengan menggunakan bor. 1 lubang diisi dengan 10ml pupuk herbafarm cair. Untuk 1 pohon bisa membuat 1-3 lubang tergantung besarnya pohon durian.
Catatan: Teknik penyemprotan tetap bisa dilakukan meskipun pohon durian sudah pernah berbuah selama pohonnya masih bisa terjangkau.

  • Pemakaian Pupuk Herbafarm Granul Untuk Durian Yang Sudah Produksi

Pemupukan tanaman durian yang sudah berbuah menggunakan pupuk herbafarm granul dilakukan setiap 2 kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan akhir musim hujan. Dosis yang digunakan adalah 2-8 sendok makan perpohon tergantung dengan besar kecilnya tanaman durian. Aplikasi dilakukan  dengan cara membenamkan pupuk herbafarm granul ke dalam tanah di sekitar area pengakaran. Bisa dengan membuat lubang kecil sejajar dengan bagian daun terluar. Untuk 1 pohon buat 2-8 lubang tergantung besar kecilnya tanaman.

Bibit Durian Musangking

Beli Di Lazada

Penggunaan pupuk herbafarm untuk perawatan tanaman durian dapat diaplikasikan tunggal atau kombinasi. Aplikasi tunggal maksudnya bisa memilih untuk menggunakan pupuk herbafarm granul saja atau pupuk herbafarm cair saja. Sementara kombinasi adalah menggunakan kedua jenis pupuk tersebut dengan interval pemakaian yang disesuaikan dengan kondisi tanaman.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama