Lazada 99

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Kopi

Budidaya tanaman kopi tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup agar tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lebat. Cara pemberian nutrisi adalah dengan melakukan pemupukan secara teratur. Salah jenis pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk organik herbafarm dari PT Sidomuncul Pupuk Nusantara. Silahkan simak cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman kopi berikut ini.

Pupuk Herbafarm Untuk Kopi

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Untuk Kopi

Pemakaian pupuk herbafarm untuk kopi dilakukan secara berkala berdasarkan tahapan budidaya. Penggunaan jenis pupuk dan dosis yang tepat akan meningkatkan kesuburan tanah sehingga tanaman kopi bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan produksi yang maksimal. Silahkan simak cara penggunaan pupuk herbafarm untuk kopi berdasarkan tahapannya berikut ini.

Persiapan Benih

Tahap pertama pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman kopi adalah pada saat persiapan benih. Setelah mendapatkan benih unggul berkualitas maka silahkan lakukan perendaman menggunakan pupuk herbafarm cair.

  1. Siapkan wadah perendaman yang memuat air lebih dari 5 liter
  2. Buat larutan herbafarm dengan dosis 10 ml (10 tutup botol) dicampurkan dengan 5 liter air.
  3. Aduk larutan tersebut selama dua menit atau sampai homogen.
  4. Masukkan benih kopi ke dalam wadah yang berisi larutan herbafarm.
  5. Lakukan perendaman selama 2 jam
  6. Selanjutnya keringkan dengan cara diangin-angikan pada tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.
  7. Bibit kopi yang sudah kering siap untuk disemaikan.
  8. Jika media semai belum siap, benih tersebut bisa disimpan maksimal sampai 6 bulan.

Persiapan Media Semai

Aplikasi pupuk herbafarm selanjutnya dilakukan pada saat membuat media semai. Pupuk yang digunakan adalah pupuk herbafarm granul. Herbafarm granul ditaburkan secara merata pada bedengan yang sudah dibuat. Selanjutnya disiram dengan menggunakan sprayer sampai agar hasilnya merata. Media semai didiamkan selama 1 minggu sebelum digunakan. 1 Hektar lahan pembibitan membutuhkan 15 Kilogram granul, silahkan disesuaikan dengan luas lahan semai yang anda gunakan.

Penyemaian Benih

Setelah mempersiapkan benih dan lahan semai maka penggunaan pupuk herbafarm selanjutnya adalah pada saat perawatan bibit pada media semai. Pupuk yang digunakan adalah herbafarm cair. Cara aplikasinya adalah dengan melakukan penyemprotan secara merata pada area pembibitan. Dosisnya adalah 30 ml untuk 1 tangki berisi 14 liter air. Penyemprotan dilakukan setiap minggu pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.

Persiapan Media Pembibitan

Benih yang sudah disemaikan akan dipindahkan ke media pembibitan setelah memiliki dua lembar daun atau telah memasuki fase kapelan. Penggunaan pupuk herbafarm granul pada media pembibitan dilakukan dengan cara menaburkan pada Polybag. Dosis yang digunakan adalah 20-50 gram per polybag. Setelah aplikasi herbafarm granul media semai disiram lalu didiamkan selama 1 minggu.

Pembibitan

Setelah bibit dipindahkan ke Polybag maka dilakukan perawatan bibit sampai siap dipindahkan ke lahan tanah. Aplikasikan pupuk herbafarm cair dengan dosis 30 ml / tangki 14 liter air. Semprotkan larutan herbafarm tersebut ke media pembibitan dan seluruh bagian tanaman. Lakukan penyemprotan setiap 2 minggu sekali.

Pembuatan Lubang Tanam

Aplikasi pupuk herbafarm granul sangat cocok digunakan sebagai pupuk dasar pada saat persiapan lubang tanam. Setelah memasukkan tanah bagian atas yang sudah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos selanjutnya ditambahkan dengan herbafarm granul. Dosis yang digunakan adalah 2 sendok makan per lubang tanam. Setelah aplikasi herbafarm granul siram lubang tanam sampai basah lalu diamkan selama 2 minggu sebelum penanaman.

Perawatan Tanaman Kopi

Setelah proses penanaman maka dibutuhkan pemupukan secara intensif agar tanaman kopi dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan produksi buah dengan maksimal. Tahapan pemakaian pupuk herbafarm dibagi menjadi dua yaitu aplikasi untuk tanaman belum produksi dan yang sudah produksi.

  • Pemupukan Tanaman Kopi Belum Produksi

Pemupukan tanaman kopi menggunakan pupuk herbafarm untuk yang belum produksi dilakukan secara bertahap. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Usia tanaman kurang dari 1 tahun pemupukan dilakukan pada bulan 1, 2, 3, 6, 9, 12. Dosis yang digunakan adalah 30 ml untuk 1 tangki 14 liter air.
  2. Usia tanaman 1-3 tahun penggunaan pupuk dilakukan dengan cara menyiramkan 30 ml pupuk herbafarm ditambah dengan 10 liter air disiramkan untuk 10 pohon tanaman kopi. Pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali.

  • Pemupukan Kopi Yang Sudah Produksi
Pemupukan tanaman kopi yang sudah produksi menggunakan pupuk herbafarm dilakukan dengan cara berikut:
  1. Usia tanaman 3-5 tahun atau pertama kali produksi dilakukan pemupukan menggunakan kombinasi antara pupuk herbafarm cair dan pupuk herbafarm granul. Pupuk herbafarm granul diaplikasikan dua kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan akhir musim hujan. Dosis yang digunakan adalah 4 sendok makan per pohon. Aplikasi pupuk herbafarm cair diaplikasikan setiap 3 bulan sekali dengan dosis 50 ml ditambahkan dengan 10 liter air lalu disiramkan ke area pengakraran tanaman.
  2. Usia 5 tahun ke atas atau usia produktif tanaman kopi dilakukan pemupukan dengan kombinasi herbafarm granul dan cair. Herbafarm granul diaplikasikan 2 kali setahun dengan dosis 8 sendok makan perpohon. Pupuk herbafarm cair diaplikasikan setiap 6 bulan sekali dengan dosis 70 ml ditambahkan dengan 10 liter air untuk 10 pohon tanaman kopi.
Penggunaan pupuk herbafarm untuk tanaman kopi bertujuan untuk mencegah penyakit tular bibit, penyakit tular tanah, dan menyiapkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman kopi untuk tumbuh subur dan menghasilkan produksi maksimal secara kualitas dan kuantitas.

Baca juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Cengkeh

Catatan:

  1. Pemakaian pupuk herbafarm tidak boleh diaplikasikan secara bersamaan dengan pupuk atau pestisida kimia.
  2. Interval waktu pemakaian antara pupuk herbafarm dengan pupuk atau pestisida kimia dilakukan dengan jarak 5-7 hari.
  3. Tangki semprot yang sudah digunakan untuk aplikasi pestisida kimia dicuci bersih terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum digunakan untuk aplikasi pupuk herbafarm cair.
  4.  Pupuk herbafarm dapat dikombinasikan dengan pupuk kandang dan pupuk kompos terutama sebagai pupuk dasar pada persiapan media semai, media pembibitan dan persiapan lubang tanam.
Demikianlah cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman kopi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama