Lazada 99

Cara Menanam Kangkung Di Musim Kemarau Agar Tumbuh Subur

Kangkung merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang sangat cocok dibudidayakan pada musim kemarau. Untuk dapat tumbuh subur tanaman kangkung membutuhkan sinar matahari yang cukup dan juga sangat kuat menghadapi panas terik dan kemarau panjang. Maka tidak heran ketika kangkung sering dijadikan sebagai tanaman peralihan setelah panen tanaman utama. Jika anda tertarik membudidayakannya, silahkan ikuti panduan cara menanam kangkung di musim kemarau berikut ini.

Cara Menanam Kangkung

Jenis Kangkung

Sebelum mulai budidaya kangkung terlebih dahulu menentukan jenis yang akan ditanam. Untuk menanam kangkung di musim kemarau menggunakan media tanah tentunya yang dibutuhkan adalah kangkung darat. Sementara untuk budidaya tanaman di musim hujan atau hidroponik sebaiknya menggunakan kangkung air.

Syarat Tumbuh Tanaman Kangkung

Menanam kangkung darat pada musim kemarau tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi lahan tanam yang dimiliki. Meskipun tanaman sayuran ini memiliki tingkat adapatasi yang tinggi tetapi membutuhkan tempat ideal untuk dapat tumbuh subur. Adapun syarat tumbuh tanaman kangkung adalah sebagai berikut:

  • Jenis Tanah: Kangkung sangat cocok dibudidayakan pada tanah aluvial, Tanah lempung atau tanah liat berpasir dengan kandungan bahan organik yang tinggi.
  • pH Tanah: pH Tanah normal antara 6-7 sangat dibutuhkan tanaman kangkung untuk tumbuh subur.
  • Curah Hujan: Pada dasarnya tanaman kangkung sangat toleran terhadap iklim sehingga mampu tumbuh dengan curah hujan antara 500-5000 mm per tahun.
  • Suhu: Suhu udara dengan kisaran antara 20-28 Derajat Celcius sangat cocok untuk menunjang pertumbuhan tanaman kangkung.
  • Ketinggian: Dataran rendah merupakan lokasi ideal untuk budidaya tanaman kangkung dengan ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut.

Cara Budidaya Tanaman Kangkung Di Musim Kemarau

Biji Kangkung

Cara menanam kangkung di musim kemarau agar tumbuh subur harus dilakukan dengan benar agar hasilnya maksimal. Proses pertumbuhan kangkung sangat ditentukan oleh teknik budidaya mulai dari pemilihan bibit, persiapan lahan, penanaman sampai tahap perawatan sampai memasuki masa panen.

Persiapan Bibit Kangkung

Pertumbuhan tanaman kangkung akan sangat ditentukan oleh benih yang ditanam. Oleh karena itu pemilihan benih unggul berkualitas sangat penting dilakukan. Anda bisa mendapatkan benih kangkung dari toko pertanian atau membeli secara online melalui marketplace atau toko online pertanian.

Setelah mendapatkan benih yang berkualitas maka saatnya melakukan perendaman yang bertujuan untuk mempercepat perkecambahan, mencegah penyakit tular bibit dan juga sebagai seleksi tahap awal pada benih yang akan ditanam. Adapun cara perendamannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan larutan pupuk herbafarm dengan dosis 10 ml yang dicampurkan dengan 1-5 liter air. Banyaknya larutan disesuaikan dengan jumlah benih yang akan ditanam.
  2. Rendam benih kangkung tersebut selama 2 jam, benih yang mengapung segera dibuang karena tidak layak tumbuh.
  3. Selanjunya keringkan benih dengan cara diangin-anginkan pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  4. Setelah kering benih siap untuk ditanam.

Persiapan Lahan

Setelah mendapatkan benih kangkung darat dengan kualitas unggul maka langkah selanjutnya adalah persiapan lahan. Lahan tanam untuk budidaya tanaman kangkung harus dipersiapkan dengan baik agar sesuai dengan syarat tumbuhnya. Pengolahan tanah dilakukan dengan cara menggemburkan tanah menggunakan cangkul. Selanjutnya tanah yang sudah digemburkan kemudian diberikan pupuk kandang atau kompos sekitar 10 ton untuk lahan 1 hektar.

Selanjutnya adalah pembuatan bedengan sebagai media penanaman. Bedengan dibuat dengan ukuran lebar 1 meter dan panjang 5 meter. Tinggi bedengan 30 cm dengan jarak antar bedengan adalah 50 cm. Jarak antar bedengan berfungsi sebagai drainase agar air tidak sampai menggenangi bedengan.

Selanjutnya taburkan pupuk herbafarm granul secara merata pada bedengan tersebut. Untuk lahan seluas 1 hektar dibutuhkan sebanyak 15 kilogram pupuk granul herbafarm. Lahan didiamkan selama 1 minggu baru ditanami.

Proses Penanaman

Penanam dilakukan dengan membuat lubang tanam sedalam 5 cm dengan jarak tanam 2 x 2 cm. Setiap lubang diisi dengan 2-3 biji. Tutup dengan tanah lalu siram secara merata menggunakan sprayer. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari antara pukul 16.00 - 18.00.

Perawatan Tanaman Kangkung

Cara merawat kangkung juga menjadi hal 

  • Penyiraman

Menanam kangkung di musim kemarau tentunya harus melakukan penyiraman secara teratur terutama pada saat awal penanaman. Penyiraman dilakukan 2x sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman tetap memperhatikan kondisi tanahnya jika tanah masih terlihat basah atau lembab tidak perlu melakukan penyiraman atau intesitasnya bisa dikurangi cukup 1x sehari saja. Sebaiknya gunakan sprayer agar hasilnya lebih merata dan tidak mengganggu pertumbuhan bibit kangkung.

  • Penjarangan dan Penyulaman

Agar tanaman kangkung bisa tumbuh subur maka perlu dilakukan penjarangan. Oleh karena itu perlu untuk terus memantau tingkat pertumbuhannya. Apabila ada tanaman yang mati segera ganti dengan bibit yang baru. Sementara apabila terlalu padat maka cabut sebagian tanaman kangkungnya.

  • Penyiangan

Penyiangan gulma dilakukan setiap minggu sekali atau menyesuaikan kondisi pertumbuhan rumput liar disekitar tanaman kangkung. Gulma yang tumbuh terlalu subur akan menghambat pertumbuhan tanaman kangkung karena menjadi saingan dalam menyerap nutrisi dari dalam tanah. Penyiangan sebaiknya dilakukan secara manual namun jika lahan terlalu luas dan terbatas waktu dan tenaga kerja maka bisa dilakukan secara kimiawi asalkan tidak membunuh tanaman kangkung.

  • Pemupukan

Proses pertumbuhan kangkung akan sangat bergantung pada ketersediaan unsur hara dalam tanah. Oleh karena itu pemenuhan kebutuhannya tersebut harus dilakukan dengan cara pemupukan. Penggunaan pupuk herbafarm cair untuk tanaman kangkung bisa dilakukan sebagai pupuk lanjutan atau perawatan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Teknik pemupukan yang digunakan adalah teknik semprot menggunakan sprayer.
  2. Dosis pemupukan menggunakan herbafarm adalah 30 ml untuk 1 tangki berisi 14 liter air.
  3. Waktu pemupukan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.
  4. Interval pemupukan dilakukan setiap minggu sampai menjelang masa panen.

  • Pengendalian Hama dan penyakit

Tantangan dalam budidaya tanaman kangkung adalah adanya kemungkinan terserang hama dan penyakit. Oleh karena itu langkah pencegahan dari awal budidaya perlu dilakukan dengan melakukan teknik yang benar. Namun jika sudah terjadi serangan hama dan penyakit maka segera lakukan langkah pengendalian. Pengendalian hama sebaiknya mengutamakan kelestarian lingkungan lahan budidaya baik dengan cara mekanik, biologis maupun pemanfaatan musuh alami dari hama. Penggunaan bahan kimia menjadi jalan terakhir apabila serangan hama dan penyakit sudah masif dan sulit dikendalikan.

Jenis hama dan penyakit yang biasanya menyerang tanaman kangkung adalah sebagai berikut:

  1. Ulat Grayak
  2. Kutu Daun
  3. Ulat Keket
  4. Bekicot
  5. Karat Putih
  6. Bercak Daun

Masa Panen Kangkung

Panen Kangkung

Masa panen kangkung bisa dilakukan saat tanaman berusia antara 21-27 hari setelah tanam. Kangkung muda dan segar sebaiknya dipanen saat berusia 21 hari hari. Ciri-ciri tanaman kangkung siap panen adalah memiliki panjang antara 20-25 cm dengan daun yang lebar. Cara panen bisa dilakukan dengan dua cara yaitu memotong batang kangkung dengan menyisakan 2-5 batang diatas permukaan tanah. Cara kedua bisa dilakukan dengan mencabut batang kangkung sampai ke akarnya.

Jika panen dilakukan dengan cara memotong maka tanaman kangkung bisa dilakukan berkali-kali yaitu setiap 2-3 minggu sekali. Tentunya dengan tetap memberikan pemupukan secara rutin dengan dosis yang sama.

Kangkung yang sudah dipanen sebaiknya langsung dipasarkan karena jenis sayuran ini tergolong mudah layu. Agar bisa mempertahankan tingkat kesegarannya bagian batang kangkung dicelupkan ke dalam air tawar yang bersih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama