Lazada 99

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

Kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman pangan sayur yang menjadi pavorit petani. Hal ini disebabkan karena tingkat permintaan pasarnya yang cukup tinggi. Bahan sayur ini dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya. Jika anda tertarik untuk membudidayakannya, silahkan ikuti panduan cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat berikut ini.

Cara Menanam Kacang Panjang

Jenis Kacang Panjang

Sebelum mulai menanam kacang panjang untuk tujuan agrobisnis terlebih dahulu menentukan jenis apa yang akan dibudidayakan. Ada tiga tipe kacang panjang yang bisa anda pilih berikut ini.

  • Kacang panjang lanjaran biasa
  • Kacang panjang Busitao
  • Kacang panjang Usus

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai budidaya tanaman kacang panjang adalah memastikan lokasi lahan untuk menanam sudah sesuai dengan syarat tumbuhnya. Meskipun tanaman kacang panjang memiliki tingkat adaptasi yang cukup tinggi tetapi untuk hasil optimal tetap harus disesuaikan dengan kondisi yang mendukung pertumbuhannya secara optimal.

  • Jenis Tanah: Tanaman kacang panjang pada dasarnya bisa dibudidayakan pada berbagai jenis tanah namun pertumbuhan optimal pada tanah Latosol, Regosol dan Alluvial dengan tekstur tanah gembur dan banyak mengandung bahan organik.
  • pH Tanah: Kacang panjang tumbuh dengan baik pada tanah dengan pH 5,5-6,5.
  • Curah Hujan: Tanaman jenis sayuran ini cocok dibudiayakan pada iklim kering dengan curah hujan antara 600 - 1500 mm per tahun. 
  • Suhu: Budidaya kacang panjang bisa dilakukan pada suhu antara 18-32 derajat celcius.
  • Ketinggian: Pada dasarnya kacang panjang bisa di tanam pada dataran rendah dan dataran tinggi dengan pertumbuhan maksimal pada ketinggian kurang dari 800 meter di atas permukaan laut.

Cara Menanam Kacang Panjang

Bibit Kacang Panjang

Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat harus dilakukan dengan benar. Mulai dari pemilihan bibit dari varietas unggul, waktu pemupukan yang tepat serta cara merawat kacang panjang yang baik. Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan.

Persiapan Bibit

Cara menanam kacang panjang agar buahnya lebat dimulai dari pemilihan benih. Sebaiknya memilih benih dari varietas unggul yang tahan terhadap OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) sebagai langkah awal pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit. Selain itu juga perlu memberikan perlakuan khusus agar benih yang digunakan bisa tumbuh cepat dan tahan terhadap OPT. Adapun langkah perlakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buat larutan pupuk herbafarm cair dengan dosis 10ml dicampur dengan 5 liter air. Jumlah pupuk dan airnya bisa disesuaikan dengan banyaknya benih yang akan ditanam.
  2. Rendam benih selama 5 jam kemudian lakukan penyortiran yaitu dengan membuang benih yang mengambang.
  3. Selanjutnya angkat bibit dan tiriskan pada kain kering, bibit siap ditanam.

Pengolahan Tanah

Tanaman kacang panjang bisa tumbuh subur jika ditanam pada lahan subur dan gembur. Oleh karena itu perlu dilakukan pengolahan tanah dengan cara mencangkul atau membajaknya sampai gembur. Setelah tanah gembur kemudian dibuat bedengan dengan lebar 150 cm dan tinggi 30cm. Jarak antar bedengan adalah 30cm yang juga berfungsi sebagai parit agar tidak terjadi genangan saat hujan tiba. Setelah membuat bedengan maka segera lakukan pemupukan dasar menggunakan pupuk herbafarm granul. Dosis yang dibutuhkan adalah 15 Kilogram untuk lahan seluas 1 hektar. Pupuk Herbafarm ditaburkan secara merata diatas bedengan kemudian disiram menggunakan sprayer sampai tanah basah.

Proses Penanaman

Menanam kacang panjang dilakukan dengan membuat lubang menggunakan tugal. Lubang tanam dibuat sedalam 3-5 cm. Jarak tanam yang ideal adalah 70 x 30 cm, untuk 1 bedengan cukup dibuat dua baris tanam. 1 lubang tanam diisi dengan 2-3 biji benih kemudian ditutup dengan tanah.

Perawatan Tanaman

Cara merawat kacang panjang dimulai dari hari pertama setelah tanam sampai panen, bahkan sampai setelah panen pertama. Perawatan dilakukan dengan melakukan pemasangan ajir, penyiangan gulma, penyiraman, pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit. Langkah perawatan tanaman kacang panjang adalah sebagai berikut.

  • Pemasangan Ajir

Kacang panjang merupakan jenis tanaman sayur yang tumbuh merambat. Oleh karena itu dibutuhkan ajir sebagai penopang batangnya. Pemasangan ajir dilakukan saat tanaman telah tumbuh mencapai 25 cm. Tinggi kacang panjang adalah 2 meter yang dibuat dari kayu atau bambu. Ajir atau turus akan menjadi tempat merambat tanaman kacang panjang nantinya.

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap hari sampai benih yang ditanam mulai tumbuh. Penyirangan menyesuaikan kondisi iklim pada saat budidaya. Sebaiknya gunakan sprayer untuk melakukan penyiraman agar lebih merata dan tidak merusak pertumbuhan tanaman dan struktur tanah.

  • Penyiangan

Penyiangan gulma atau tanaman liar dilakukan secara manual atau kimiawi. Waktu penyiangan dilakukan pada saat tanaman kacang panjang berusia 3 dan 5 minggu setelah tanam. Penyiangan bertujuan untuk menjaga tanaman agar rumput liar tidak menjadi kompetitor dalam menyerap unsur hara dari dalam tanah. Rumput liar juga berpotensi sebagai inang bagi hama atau jamur sumber penyakit.

  • Pemupukan

Waktu pemupukan kacang panjang pada masa perawatan dilakukan saat berusia 7 hari setelah tanam sampai mulai berbunga. Pemupukan menggunakan pupuk herbafarm cair dengan teknik penyemprotan. Dosis yang digunakan adalah 30ml/ tangki 14 liter air. Waktu penyemprotan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00. Penyemprotan dilakkukan pada saat tanaman berusia 7, 14, 21, 28, dan 42 hari atau batas sebelum tanaman berbunga. Pemupukan selanjutnya dilakukan setelah melakukan panen pertama.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Pada dasarnya dengan melakukan teknik budidaya tanaman kacang panjang yang benar merupakan langkah pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun apabila terjadi serangan hama dalam jumlah yang besar maka pengendaliannya bisa dilakukan secara kimiawi. Adapun jenis hama yang menyerang tanaman kacang panjang adalah sebagai berikut:

  1. Lalat Bibit
  2. Ulat Tanah
  3. Ulat Grayak
  4. Kutu Daun
  5. Kutu Kebul
  6. Ulat Penggerek Polong

Masa Panen Kacang Panjang

Panen Kacang Panjang

Panen kacang panjang bisa dilakukan setiap minggu selama 1-2 bulan. Waktu Panen buah atau polong muda kacang panjang dilakukan pada saat tanaman berusia 50-60 hari setelah tanam, tergantung perawatan dan juga varietas yang ditanam. Waktu panen harus dilakukan dengan tepat agar polong tidak berserat dan liat.

Hasil panen sebaiknya harus segera dijual karena umur simpan polong muda kacang panjang relatif singkat. Tingginya laju respirasi membuat hasil panen cepat layu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama