Lazada 99

Cara Mempercepat Pertumbuhan Bibit Cabe Pada Media Semai

Menanam cabe dari biji adalah cara yang paling efektif dalam budidaya tanaman dengan rasa yang pedas tersebut. Selain karena biaya produksinya yang lebih murah tentu saja akan lebih mudah mengontrol kualitas pertumbuhannya. Namun terkadang masih banyak petani yang sering kesulitan dalam menyemaikan bibit cabe agar tumbuh subur dan menjadi bibit yang berkualitas. Salah satu kendalanya adalah pertumbuhan yang melambat yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk anda yang ingin menyemaikan bibit cabe silahkan ikuti panduan cara mempercepat pertumbuhan bibit cabe berikut ini.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Bibit Cabe


Cara Tepat Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bibit Cabe

Pertumbuhan bibit cabe bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya kualitas bibit, teknik penyemaian, pemenuhan nutrisi dan juga proses perawatan yang dilakukan. Pembibitan tanaman cabe merupakan fase awal dari proses panjang budidaya cabe yang harus dilakukan dengan cara benar. Apa saja yang harus dilakukan? Silahkan ikuti setiap tahapannya berikut ini!

Memilih Benih Cabe Berkualitas

Memilih Benih Cabe Berkualitas

Ada dua cara untuk mendapatkan benih cabe berkualitas yaitu dengan membeli dari toko pertanian atau mengambil buah dari indukan tanaman cabe unggul. Untuk cara pertama tentunya lebih mudah dan kualitasnya lebih terjamin. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara kedua jika anda memiliki waktu untuk melakukan cara tersebut.

Memilih benih cabe dari buah tanaman cabe hasil panen sebelumnya atau dari hasil panen sesama petani cabe bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Pilih buah cabe yang telah matang sempurna dari pohonnya.
  2. Pastikan memilih buah cabe yang tidak terserang hama atau penyakit, tidak terdapat bekas luka ataupun bercak pada buahnya.
  3. Pilih buah cabe yang memiliki ukuran besar dan memiliki warna yang cerah serta ukurannya seragam.
  4. Potong buah cabe menjadi tiga bagian, jarak potong dari ujung dan pangkah adalah 1 cm.
  5. Bagian pangkal dan ujung dibuang sementara bagian tengah yang akan diambil bijinya untuk dijadikan benih.
  6. Belah cabe secara membujur lalu keluarkan bijinya.
  7. Selanjutnya biji cabe siap diberikan perlakuan dan juga sebagai seleksi awal pada benih.

Melakukan Perendaman Benih Cabe

Perendaman Benih Cabe

Setelah mendapatkan benih cabe baik itu yang dibeli dari toko pertanian maupun yang diambil langsung dari pohonnya diberikan perlakuan khusus.

  1. Siapkan larutan Pupuk Organik Herbafarm Cair dengan menggunakan dosis 10 ml atau 1 tutup botol dicampurkan dengan 5 liter air, atau menyesuaikan dengan banyaknya benih cabe yang akan direndam.
  2. Aduk larutan tersebut selama 1 menit sampai homogen (tercampur rata).
  3. Masukkan biji cabe ke dalam larutan tersebut
  4. Perendaman dilakukan selama 5 jam
  5. Ambil biji cabe yang mengapung dan buang karena tidak memenuhi kriteria benih berkualitas yang layak tumbuh.
  6. Setelah direndam selama 5 jam keringkan biji cabe tersebut dengan cara diangin-angikan pada ruang yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.
  7. Setelah kering biji cabe siap disemaikan.
Perendaman dengan larutan Pupuk Herbafarm dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyakit tular bibit dan mempercepat pertumbuhan bibit cabe saat disemaikan.

Menggunakan Wadah Semai Yang Tepat

Memilih Wadah Semai

Wadah atau tempat untuk semai cabe bisa menggunakan Polybag, Pot Kecil atau wadah semai khusus yang bisa didapatkan dari toko pertanian dan semai dibedengan. Namun untuk mempercepat pertumbuhan bibit cabe kami menyarankan melakuan penyemaian di Polybag. Alasannya adalah menggunakan Polybag, Pot atau wadah semai khusus tidak perlu repot mengatur jarak tanam, bibit cabe yang tumbuh tidak akan berkompetisi untuk menyerap nutrisi dari media semai, akar antar bibit cabe tidak akan saling melilit karena pertumbuhan akan sebatas wadah Polybag yang digunakan.

Wadah semai sebaiknya disimpan di tempat yang teduh atau terhindar dari paparan sinar matari secara langsung, khususnya siang hari serta terhindar dari hujan. Selain itu media semai juga harus dihindarkan dari gangguan hewan ternak dan anak-anak yang bisa merusak media semai. Maka sebaiknya menggunakan naungan dan pagar agar media semai lebih aman.

Mempersiapkan Media Semai Dengan Benar

Mempersiapkan Wadah Semai

Pertumbuhan tanaman pangan sayur dengan rasa yang pedas ini akan sangat bergantung pada media semai yang digunakan. Media semai yang cabe yang baik menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos. Tanah yang digunakan adalah tanah yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman cabe baik dari jenisnya maupun kadar pH tanahnya. Adapun cara mempersiapkan media semai adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan tanah yang sudah digemburkan terlebih dahulu
  2. Campurkan dengan pupuk kandang atau pupuk kompos terlebih dahulu
  3. Buat bedengan dari tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk kandang
  4. Tambahkan pupuk Herbafarm Granul pada bedengan tersebut dengan dosis 30 kg per hektar, silahkan disesuaikan dengan luas bedengan yang digunakan.
  5. Untuk penggunaan wadah Polybag isi setiap Polybag dengan media semai yang sudah disiapkan
  6. Tambahkan 100 Gram Herbafarm Granul untuk setiap Polybag
  7. Siram media semai setiap hari sampai terlihat basah selama 2 minggu
  8. Media semai siap digunakan.

Melakukan Penyemaian Benih Cabe Dengan Benar

Proses penyemaian benih cabe

Setelah benih cabe sudah disiapkan dan media semai pun sudah siap digunakan maka langkah selanjutnya adalah proses penyemaian. Untuk penyemaian menggunakan Polybag silahkan langsung masukkan benih cabe 1 biji untuk 1 polybag. Sementara jika menggunakan bedengan silahkan buat garis dengan jarak 3-5 centimeter untuk mengatur jarak tanam benih yang akan disemaikan. Kemudian letakkan benih cabe pada pertemuan antar garis tersebut.

Setelah memasukkan biji cabe pada media semai selanjutnya tutup dengan tanah halus yang sudah diayak sampai biji cabe tertutup sempurna. Siram media semai tersebut menggunakan sprayer sampai tanah terlihat lembab.

Perawatan Bibit Cabe Secara Intensif

Perawatan Bibit Cabe

Langkah terakhir dari proses penyemaian bibit cabe adalah perawatan intensif. Pembibitan cabe akan snagat bergantung dari cara perawatannya, semakin baik perawatan yang diberikan maka akan semakin berkualitas pula bibit cabe yang dihasilkan. Perawatan dilakukan dengan melakukan penyiraman, penyiangan gulma dan pemupukan bibit cabe.
  1. Lakukan penyiraman menggunakan sprayer secara teratur setiap pagi dan sore atau menyesuaikan dengan tingkat kelembaban tanah.
  2. Segera lakukan penyiangan jika ada gulma yang tumbuh disekitar bibit cabe karena akan menghambat pertumbuhannya serta bisa menjadi vektor hama dan penyakit.
  3. Lakukan pemupukan dengan menggunakan larutan pupuk Herbafarm cair setiap 1 minggu sekali dengan cara menyemprotkan 10 ml Herbafarm ditambahkan dengan 14 liter air.
  4. Bibit cabe yang sudah memiliki 4-5 lembar daun sudah siap dipindahkan ke lahan tanam, biasanya pada usia 3-4 minggu bahkan bisa lebih cepat.
Selanjutnya Silahkan Baca: Cara Menanam Cabe Agar Subur Dan Berbuah Lebat.

Kesimpulan

Untuk mempercepat pertumbuhan bibit cabe pada proses penyemaian harus dilakukan dengan cara yang tepat yaitu penggunaan tanah yang sesuai dengan syarat tumbuh dengan cabe, penyiraman yang intensif, pengendalian gulma secara teratur dan pemberian pupuk secara teratur. Pastikan media semai terhindar dari gangguan hewan ternak serta terlindung dari hujan dan paparan sinar matari secara langsung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama