Lazada 99

Cara Membuat Bibit Bawang Merah Dengan Cepat Dan Mudah

Pembibitan bawang merah dapat dilakukan dengan dua cara berdasarkan sumber bibitnya. Cara pertama adalah dengan menggunakan bibit yang dibeli dari toko pertanian. Cara kedua adalah memilih bibit dari umbi hasil panen. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangnya masing-masing. Jika anda ingin menggunakan bibit dari hasil panen sendiri silahkan ikuti petunjuk cara membuat bibit bawang merah dengan cepat berikut ini.

Cara Membuat Bibit Bawang Merah


Cara Memilih Bibit Bawang Merah Yang Bagus

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit bawang merah yang berkualitas bagus. Bibit bawang merah yang bagus bisa ditentukan dengan melihat kriteria berikut ini.

  • Umur Bawang Merah Untuk Bibit

Umbi yang akan digunakan sebagai bibit sebaiknya diambil dari tanaman bawang merah yang cukup umur tanam. Kisaran usia setelah tanam adalah antara 70-80 hari tergantung dari varietas yang dibudidayakan. Setiap varietas memiliki usia panen yang berbeda-beda, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui jenis bibit bawang merah yang dibudidayakan sebelumnya.

  • Usia Simpan Hasil Panen Untuk Bibit

Selain dari usia budidaya tanaman lama penyimpanan juga akan berpengaruh pada kualitas bibit nantinya. Umbi bawang merah yang akan dijadikan bibit sebaiknya sudah cukup usia simpan yaitu sekitar 2-4 bulan setelah panen. Cara menyimpan bawang merah untuk bibit adalah dengan mengikat lalu menggantungnya pada para-para dapur atau pada tempat khusus yang diasapi.

  • Bentuk Bibit Bawang Merah

Kriteria bibit bawang merah yang baik juga bisa dilihat dari bentuknya. Ada tiga varian ukuran yang bisa digunakan sebagai bibit yaitu:

  1. Bibit umbi besar dengan Diameter lebih dari 1,8 cm dengan berat lebih dari 10 gram per biji. Memilih jenis bibit ini tentunya harus menyiapkan dana yang lebih besar karena harganya yang lumayanan mahal karena sesuai dengan kualitas dan kemampuan tumbuhnya.
  2. Bibit umbi sedang dengan diameter antara 1,5-1,8 dengan berat 5-10 gram per biji. Jenis bibit ini menjadi pilihan kebanyakan petani karena harganya yang lebih terjangkau dan kualitasnya juga bagus.
  3. Bibit umbi ukuran kecil dengan diameter kurang dari 1,5 denga berat kurang dari 5 gram per biji. Jenis bibit ini tidak disarankan untuk tujuan agrobisnis karena daya tumbuh dan produktifitasnya sangat rendah.

Cara Mempersiapkan Bibit Bawang Merah

Umbi Bawang Merah

Setelah mendapatkan bibit bawang merah jangan langsung di tanam dulu. Terlebih dahulu lakukan perlakuan khusus untuk mendapatkan bibit bawang merah yang berkualitas bagus. Perlakukan yang diberikan pada bibit tanaman pangan sayur ini sangat penting untuk mempercepat pertumbuhannya.

  • Perendaman Umbi
Perendaman umbi dilakukan dengan menggunakan pupuk organik herbafarm, adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah perendaman baik berupa baskom atau ember yang memiliki volume lebih dari 5 liter.
  2. Larutakan pupuk organik cair herbafarm dengan dosis 10ml (1 tutup botol) ke dalam 5 liter air.
  3. Aduk larutan selama 1 menit sampai homogen.
  4. Rendam bibit yang sudah disiapkan selama 30 menit.

Tujuan perendaman dilakukan adalah untuk mempercepat proses perkecambahan, menghilangkan penyakit tular bibit yang dapat disebabkan oleh jamur, bakteri atau virus dan meningkatkan kualitas umbi yang akan dijadikan bibit.

  • Pemotongan Ujung Umbi

Umbi yang sudah direndam sebelumnya, selanjutnya dipotong bagian ujungnya. Bagian yang dipotong 2/3 dari ukuran umbi bawang merah yang akan dijadikan bibit. Pemotongan dilakukan dengan menggunakan pisau yang tajam agar tidak membuat banyak irisan. Tujuan pemotongan adalah untuk mempercepat pertumbuhan tunas.

Setelah kedua perlakukan di atas dilakukan, bibit bawang merah siap ditanam pada lahan yang sudah diolah. Pastikan lahan sudah diolah dengan benar dan sesuai dengan syarat tumbuh bawang merah. Selain itu proses penanaman dan perawatan awal masa tanam juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan bibit bawang merah.


Beli Di Lazada

Budidaya bawang merah tidak melewati proses pembibitan tetapi langsung tanam ke lahan setelah memberikan perlakukan khusus. Tanaman pangan sayur ini dapat tumbuh dengan baik pada lahan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.

Silahkan Baca: Panduan Lengkap Cara Budidaya Bawang Merah.

Itulah cara membuat bibit bawang merah dengan cepat yang bisa anda praktekkan dengan mudah. Semoga berhasil!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama