Lazada 99

Cara Budidaya Durian Agar Tanaman Cepat Berbuah

Buah durian merupakan salah satu jenis buah yang menjadi pavorit masyarakat banyak. Rasa daging buahnya yang khas serta aromanya yang memikat membuat orang banyak mencari buah dengan kulit berduri ini. Namun bagaimana jika membudidayakannya sendiri, apakah anda tertarik? Jika iya, silahkan ikuti cara budidaya durian berikut ini!

Cara Budidaya Durian


Jenis Durian

Sebelum mulai membudidayakan tanaman durian tentunya harus memilih terlebih dahulu jenis durian yang akan ditanam. Jenis durian unggul tentunya bisa menjadi pilihan tepat karena memiliki banyak peminat. Untuk tujuan agrobisnis akan sangat menguntungkan jika durian yang dibudidayakan diminati oleh banyak orang. Sudah siap memilih jenis durian untuk dibudidayakan silahkan lihat daftarnya berikut ini!

  1. Durian Merah
  2. Durian Montong
  3. Durian Pelangi
  4. Durian Tembaga
  5. Durian Mimang
  6. Durian Petruk
  7. Durian Udang Merah
  8. Durian Bawor
  9. Durian Musang King
  10. Durian Matahari
  11. Durian Duri Hitam
  12. Durian Kunyit
  13. Durian Serumbut

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Selain itu tanaman buah yang satu ini juga perlu ditanam pada lokasi lahan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Adapun syarat tumbuh tanaman durian adalah sebagai berikut:

  • Jenis Tanah: Tanaman durian sangat cocok ditanaman pada jenis tanah Latosol, Podsolik, dan Andosol yang gembur dan memiliki banyak kandungan bahan organik.
  • pH Tanah: pH Tanah netral antara 5-7 adalah pH tanah ideal karena durian merupakan tanaman dengan perakaran yang dalam.
  • Curah Hujan: Untuk dapat tumbuh subur tanaman durian membutuhkan curah hujan antara 1500-3500/ tahun.
  • Suhu: Suhu yang sesuai untuk menanam durian adalah 20-30 derajat celcius.
  • Ketinggian: Durian merupakan salah satu jenis tanaman buah yang sangat cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian tempat maksimal 800 Meter di bawah Permukaan Laut.

Cara Budidaya Durian Agar Cepat Berbuah

Bibit Durian

Karakteristik tanaman buah yang berbeda-beda tentu saja berpengaruh pada teknik pembudidayaannya. Khusus untuk tanaman durian yang memiliki pohon yang besar juga memiliki cara budidaya tersendiri. Berikut ini cara menanam pohon durian agar cepat berbuah yang bisa anda praktekkan.

Persiapan Bibit

Agar tanaman durian bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lebat harus dimulai dari persiapan bibit yang tepat. Ada dua pilihan yang bisa anda lakukan yaitu menyemaikan durian dari biji atau membeli bibit yang sudah siap tanam. Jika anda ingin membeli bibit yang siap tanaman anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Bibit durian daunnya terlihat segar dan memiliki batang yang kokoh.
  2. Sudah memiliki percabangan dua arah dengan jumlah daun yang banyak.
  3. Terlihat perkembangan tunas baru pada batangnya.

Namun jika anda ingin menyemaikan sendiri dari bijinya secara mandiri ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan.

  • Memilih Biji Durian Berkualitas
  1. Biji durian segar dan tidak kisut
  2. Biji dari buah durian yang matang sempurna
  3. Biji durian tidak terserang hama dan penyakit
  • Perlakuan Biji Durian
  1. Siapkan larutan Pupuk Herbafarm Cair dengan dosis 10ml untuk 5 liter air
  2. Rendam biji durian yang sudah dipilih selama 6 jam
  3. Angkat, lalu tiriskan
  4. Biji durian siap disemaikan
Perendaman dengan larutan pupuk herbafarm cair bertujuan untuk mencegah penyakit tular bibit dan mempercepat pertumbuhan.

  • Persiapan Media Semai
  1. Siapkan Polybag sebagai wadah penyemaian
  2. Siapkan media semai berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1.
  3. Masukkan media semai ke dalam Polybag lalu tambahkan 200 Gram pupuk Herbafarm Granul
  4. Siram media semai tersebut sampai terlihat lembab
  5. Diamkan selama 1 minggu dan media semai siap digunakan.
  • Proses Penyemaian
  1. Masukkan biji durian yang sudah disiapkan 1 biji untuk 1 Polybag
  2. Pastikan posisi biji durian tertelungkup kemudian tutup dengan tanah
  3. Lakukan penyiraman setiap hari untuk menjaga kelembaban tanah
  4. Setelah berusia 8 bulan atau tinggi bibit sudah mencapai 150cm bibit siap dipindahkan ke lahan tanam.

Persiapan Lahan

Untuk budidaya tanaman durian tidak perlu dilakukan olah tanah seperti tanaman lainnya. Cukup dengan membersihkan lahan dari bebatuan dan rumput liat atau gulma. Selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Secara singkat cara membuat lubang tanaman untuk menanam durian adalah sebagai berikut:

  1. Buat lubang dengan ukuran 1x1x1 yaitu panjang, lebar dan kedalaman lubang tanam berukuran 1 meter.
  2. Jarak antar lubang atau jarak tanam durian adalah 10 -12 meter
  3. Pisahkan tanah galian 3/4 tanah bagian atas dan 1/4 tanah bagian bawah
  4. Campurkan tanah galian bagian atas dengan pupuk kandang atau kompos dan tambahkan pupuk herbafarm granul sebanyak 200 gram. Aduk sampai merata lalu masukkan ke dalam lubang tanam.
  5. Siram media tanam tersebut dengan air sampai terlihat lembab.
  6. Diamkan selama 2 minggu dan lubang tanam siap digunakan.

Proses Penanaman

Setelah bibit sudah siap untuk ditanam dan lubang tanam pun sudah disiapkan maka selanjutnya adalah proses penanaman. Gali media tanam sebatas perakaran bibit durian lalu masukkan bibit durian ke dalam lubang lalu tutup dengan tanah galian bagian bawah yang sudah disimpan sebelumnya. Siram dengan air sampai tanah terlihat basah dan lembab.

Perawatan Tanaman Durian

Budidaya durian di lahan kering atau pada musim kemarau membutuhkan perawatan ekstra berupa penyiraman tanaman. Selain itu pemberian pupuk secara intensif pun perlu dilakukan. Perawatan pohon durian dibedakan menjadi dua yaitu tanaman yang masih kecil dan yang sudah produksi. Berikut ini pembahasan masing-masing tahapannya.

  • Cara Merawat Pohon Durian Yang Masih Kecil
  1. Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap hari sampai tanaman berusia 1 bulan, lalu intensitas penyiraman dilakukan setiap 3 kali seminggu.
  2. Penyiangan rumput liar yang tumbuh disekitar pohon durian dengan diameter 1 meter dari tanaman.
  3. Pemupukan dilakukan secara intensif dengan menggunakan pupuk herbafarm cair dengan dosis 60ml untuk 1 tangki berisi 14 liter air. Penyemprotan dilakukan pada pagi atau sore hari setiap 1 minggu sekali sampai tanaman berusia 3 bulan.
  • Cara Merawat Pohon Durian Yang Sudah Produksi
  1. Penyiraman cukup dilakukan pada musim kemarau atau pada kondisi lahan yang kering setiap 3 kali seminggu.
  2. Penyiangan rumput liat dibawah pohon durian perlu dilakukan setiap bulan agar tidak terjadi perebutan nutrisi dari dalam tanah.
  3. Pemupukan dilakukan setiap 2 kali setahun menggunakan pupuk Herbafarm granul. Caranya adalah dengan membenamkan 4-8 sendok makan perpohon.
  4. Untuk hasil terbaik anda juga bisa tetap mengkombinasikan dengan penggunaan pupuk Herbafarm cair setiap 3 bulan sekali.

Masa Panen Durian

Buah Durian

Durian merupakan tanaman buah yang memproduksi buah 1 kali setahun. Tetapi untuk beberapa varietas dan perlakukan tertentu pohon durian bisa berbuah sepanjang atau pembuahan diluar musim. Panen durian dilakukan dengan memetik buah durian dari pohon dan jangan sampai terjatuh ke tanah karena bisa menyebabkan buahnya menjadi pecah dan tidak layak jual.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama